BEMP PVKK RAYAKAN HARI KELUARGA NASIONAL KE-26

Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional 2019 yang ke-26, Badan Eksekutif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta menggelar acara Hari Keluarga Nasional yang jatuh pada tanggal 29 Juni 2019. Acara tersebut diadakan selama 1 pekan dan diakhiri dengan stadium general yang mengusung tema “Wujudkan Ketahanan Keluarga agar Tercipta Generasi Penerus Bangsa yang Berkarakter”. BEMP PVKK mendatangkan pembicara dari BKKBN yaitu Eka Sulistia Ediningsih, S.H., M.Si selaku Direktur Bina Ketahanan Remaja BKKBN. Kegiatan ini dimoderatori oleh Andi M Yusuf Ridwan dari Young Health Professional. Kegiatan ini diawali dengan Tarian Dasar Betawi oleh mahasiswi dari PVKK angkatan 2018. Selanjutnya acara dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, Dr. Agus Dudung, M.Pd. Acara dihadiri oleh 142 peserta yang terdiri dari mahasiswa PKK UNJ, Dosen-dosen PVKK, serta wakil dekan Fakultas Teknik.

Stadium General ini membahas mengenai tantangan pada Era mendatang, yaitu adanya bonus demografi dimana jumlah usia produktif lebih banyak dibandingkan non produktif, sehingga harus menjadi perhatian bersama agar tidak menjadi ancaman. Oleh karena itu kita harus dapat menciptakan keluarga yang berkualitas. Selain itu, Era Suistainable Development Goal’s (pembangunan berkelanjutan) dan revolusi industri 4.0 yang terjadi saat ini, harus menjadi semangat dalam menciptakan keluarga yang berketahanan. Perkembangan era dan isu yang terjadi membutuhkan penyesuaian sehingga harus beradabtasi agar kita dapat menciptakan pendekatan keluarga sesuai isu terkini. Ketahanan keluarga merupakan kondisi di mana keluarga memiliki keuletan dan ketangguhan. Peran mahasiswa adalah sebagai generasi berencana. Mahasiswa harus dapat merencanakan pendidikan, karir, dan kehidupan berkeluarga. Pendidikan, karir, kehidupan yang baik akan menciptakan kehidupan berkeluarga yang harmonis. Hal tersebut dapat mengatasi masalah demografi dan menciptakan ketahanan keluarga.

Program Studi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta mengucapkan Selamat Hari Keluarga Nasional yang ke-26. Hari Keluarga Hari Kita Semua, Cinta Keluarga Cinta Terencana”