Pengabdian dan Penelitian kepada Masyarakat Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta 2019 Sukses dilaksanakan.

Kamis, 4 Juli 2019, Program Studi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga mengadakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang. Untuk melancarkan kegiatan ini, Prodi PVKK Dr. Uswatun Hasanah, M.Si mengajukkan kerja sama dengan Pemerintah Daerah setempat. Kerja sama ini dijabarkan dalam MoU antara Dekan Fakultas Teknik UNJ Dr. Agus Dudung R., M.Pd dan Camat Batujaya H. Rohmana Setiansyah, S.Sos, M.M., sebelum melakukan penandatangan MoU, Kapada Desa, Camat dan Dekan FT memberikan kata sambutan. Camat Batujaya berharapa kerja sama penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dapat berjalan dengan lancar dan berkelanjutan. Bapak H. Rohmana Setiansyah, S.Sos, M.M juga berpesan jika ada dana yang dibutuhkan terkait pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dapat diajukan untuk dianggarkan pada anggaran selanjutnya. Penandatanganan ini sekaligus menjadi simbol dibukanya kegiatan ini. Penandatangan MoU dilaksanakan di Aula Desa Segaran, Kecamatan Batujaya dan turut disaksikan oleh jajaran pimpinan Fakultas Teknik yaitu Wakil Dekan I Dr. Moch Sukardjo, M.Pd, Wakil Dekan III Drs. Pitoyo Yuliatmojo, M.T, para dosen PVKK dan dan Kepala Desa Segaran H. Rusli Hn, S.E.

Terdapat enam kelompok dosen yang mengikuti kegiatan hari ini. Salah satu kelompok yang melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan pelatihan pembuatan cookies. Pelatihan ini dilakukan dari mulai proses pembuatan cookies, pengemasan, sampai ke tahap penjualan/marketing. Kegiatan ini dilakukan di aula dan halaman kantor desa Segaran.

Kelompok lain melakukan pengabdian kepada masyarakat di sekitar museum candi Batujaya. Kegiatan yang dilakukan antara lain memberikan penyuluhan literasi keuangan, penyuluhan pencegahan perkawinan usia dini, pelestarian lingkungan (pengolahan sampah dan pemanfaatan lahan), serta pelatihan pengolahan minuman tradisional. Ada dua kelompok yang melakukan penelitian. Kelompok pertama melakukan penelitian mengenai pariwisata Candi Batujaya. Kelompok lain melakukan penelitian mengenai literasi keluarga dan literasi budaya.

Desa Segaran merupakan salah satu desa di Kecamatan Batujaya. Terdapat 15 RT dan 4 Dusun di desa ini. Desa ini dipilih sebagai tempat penelitian dan pengabdian kepada masyarakat karena dekat dengan situs Batujaya. Salah satu candi di lingkungan ini yaitu Candi Jiwa, sudah dinobatkan menjadi salah satu cagar budaya nasional. Dengan hal ini diharapkan dapat meningkatkan keinginan masyarakat luas untuk mempelajari serta mengunjungi Candi Batujaya. (Red/MO)