Kegiatan Pengabdian Masyarakat Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan

Dalam rangka memenuhi salah satu tridarma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat (PkM), Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan FT UNJ bekerja sama dengan SMKN 6 Kota Bekasi menyelenggarakan pelatihan dengan tema “Peningkatan Kompetensi Guru SMK Program Keahlian Teknik Konstruksi dan Properti dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”. Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, 28 September 2019 di Aula SMKN 6 Kota Bekasi ini dihadiri oleh guru-guru SMK Bangunan (Program Keahlian Teknik Konstruksi & Properti) dari berbagai kompetensi keahlian, yaitu: Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) SMKN 1 Cikarang Barat, SMKN 1 Cibinong, SMKN 1 Karawang, SMKN 1 Jakarta, SMKN 52 Jakarta, SMKN 56 Jakarta, dan SMKN 58 Jakarta. Kompetensi Keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti (BKP) SMKN 3 Depok dan SMKN 4 Jakarta, serta Kompetensi Keahlian Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Properti (KGSP) SMKN 26 Jakarta.

Kegiatan dimulai pukul 08.45 WIB, diawali dengan sambutan oleh Kepala SMKN 6 Kota Bekasi yang diwakili oleh Bapak Wawan Rahmawan S, S.T selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan DU/DI. Pada sambutannya beliau menyampaikan bahwa SMKN 6 Kota Bekasi merasa senang dan terhormat telah ditunjuk sebagai tuan rumah pada kegiatan ini.

Acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh Koorprodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Bapak R. Eka Murtinugraha, M.Pd. Beliau mengatakan bahwa PkM merupakan kewajiban masing-masing dosen dan pada kali ini berkolaborasi dengan beberapa tim dosen sehingga mampu mengundang Bapak/Ibu guru SMK Bangunan se-Jabodetabek yang notabene bidang keilmuannya sama dengan prodi PVKB.

Selain para dosen sebagai narasumber, hadir pula narasumber yang merupakan praktisi di bidang BIM (Building Information Modelling) Modeller dan juga merupakan alumni S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Sdr. Dede Nasrullah, S.Pd. Tim dosen yang berpartisipasi pada kegiatan PkM ini adalah: 1) R. Eka Murtinugraha, M.Pd dan Dra. Rosmawita Saleh, M.Pd dengan judul materi “Pelatihan Penyusunan Proposal Penelitian Pendidikan Kejuruan”; 2) Drs. Arris Maulana, M.T dan M. Agphin Ramadhan, M.Pd dengan judul materi “Pelatihan Dasar Pengoperasian Autodesk Revit 2017”; 3) Sittati Musalamah, M.T dan Ririt Aprilin Sumarsono, S.T.,M.Sc.Eng dengan judul materi “Pelatihan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) untuk Mata Pelajaran Mekanika Teknik”; dan 4) Anisah, M.T, Kusno Adi Sambowo, Ph.D, dan Drs. Prihantono, S.T.,M.Eng dengan judul materi “Peningkatan Pemahaman Pengelolaan Proyek Menggunakan Ms.Project”.

Di akhir sesi salah satu peserta, Parlin Tambunan dari SMKN 6 Kota Bekasi memberikan masukan kepada penyelenggara bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru-guru SMK Bangunan dan perlu waktu yang lebih panjang agar dapat langsung diaplikasikan. Pernyataan ini diamini oleh M. Rizal, perwakilan guru dari SMKN 3 Depok.