Kamis 24 Oktober 2019, dalam rangka memenuhi salah satu Tri Dharma perguruan tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat, Program Studi D3 Teknik Elektronika FT UNJ menyelenggarakan pelatihan di SMK Negeri 1 Kota Tangerang Selatan dengan Tema “ Pengembangan Keterampilan Siswa Dan Guru SMK Melalui Pelatihan HMI Berbasis PLC “

 

Apa itu PLC dan HMI?

Definisi PLC (Programmable Logic Controller) menurut  National Electrical Manufacturing Assosiation (NEMA) adalah suatu perangkat elektronik digital dengan memori yang dapat diprogram untuk menyimpan instruksi-instruksi yang menjalankan fungsi-fungsi spesifik seperti: logika, sekuen, timing, counting, dan aritmatika untuk mengontrol suatu mesin industri atau proses industri sesuai dengan yang diinginkan. PLC saat ini banyak digunakan untuk proses kendali di industri.

Sedangkan HMI (Human Machine Interface) adalah sebuah interface atau tampilan penghubung antara manusia dengan mesin. HMI berfungsi untuk membantu User memahami, mengawasi, atau mengontrol proses yg berlangsung.

 

Kegiatan ini disambut hangat oleh siswa-siswa dan guru-guru SMK Negeri 1 Tangerang Selatan. Kegiatan dimulai pukul 08.30 dengan sambutan dari ibu Sumarkantini, MT selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas/Hubin SMK Negeri 1 Kota Tangerang Selatan. Kemudian, dilanjut dengan pemaparan materi tentang HMI berbasis PLC oleh Bapak Syufrijal, MT.

 

Disela-sela pelatihan, guru SMK Negeri 1 Kota Tangerang Selatan juga berkata kepada siswanya bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat sekali untuk membuka jalan mempelajari PLC lebih dalam lagi.

Pelatihan ditutup dengan kesan dan pesan dari salah satu siswa SMK Negeri 1 Kota Tangerang Selatan dan team P2M.

 

By DN