Seminar Nasional Energi Baru dan Terbarukan BEM Prodi Elektro

Seminar Nasional Energi Baru dan Terbarukan BEM Prodi Elektro

Seminar Nasional Energi Baru dan Terbarukan BEM Prodi Elektro

Pada tanggal 13 Oktober 2016 BEM Prodi Elektro mengadakan acara Seminar Nasional Energi Baru dan Terbarukan yang diadakan di Aula Maftuhah Yusuf Lt.2 Idb 2 Gd. Dewi Sartika. Pembicara pada acara ini adalah Sekretaris Direktorat Jenderal EBTKE yaitu Bapak Dadan Kusdiana dengan materi “Pengembangan Sumber Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi” dan Bapak Dr.Ing Eko Adhi Setiawan dari TREC-FTUI dengan materi“KONSEP dan SOLUSI ENERGI TERBARUKAN”.

Dalam paparannya, Bp. Dadan mengatakan bahwa perlu adanya kedaulatan dan ketahanan energi. Kedaulatan energi merupakan kemampuan negara untuk mengendalikan sumber daya energi, harga energi, dan distribusi energi. Faktor yang paling penting dalam kedaulatan energi adalah ketahanan energi yaitu terjaminnya ketersediaan energi dan akses masyarakat terhadap energi pada harga yang terjangkau dalam jangka panjang dengan tetap memperhatikan perlindungan terhadap lingkungan hidup.

Semetara itu Bp. Eko lebih menyoroti masalah interkoneksi jaringan listri di setiap daerah. Interkoneksi dengan sistem yang terpusat dan yang tidak terpusat, kerugian serta keuntungannya dilihat dari segi geografis dan pasokan energi yang ada. Seminar ini mudah-mudahan menjadi langkah awal untuk memulai dikembangkannya energi terbarukan.