Mahasiswa FT UNJ Juara 1 dan 2 pada Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2016 di UGM

Mahasiswa FT UNJ Juara 1 dan 2 pada Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2016 di UGM

Mahasiswa FT UNJ Juara 1 dan 2 pada Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) 2016 di UGM

Suasana di samping kiri Candi Prambanan 1-4 November 2016 dipadati beberapa mahasiswa dan beberapa official dari beberapa kampus yang sibuk mempersiapkan timnya dalam Kompetisi Mobil Hemat Energi Tahun 2016 (KMHE 2016)  yang diselenggarakan oleh UGM sebagai tuan rumah. Sebanyak 60 tim dari 38 perguruan tinggi ikut berkompetisi dalam ajang ini. Dalam kompetisi ini terdapat dua kategori mobil yaitu mobil prototipe dan urban. Kedua mobil ini menggunakan empat kategori bahan bakar yaitu gasoline (bensin), diesel, listrik dan etanol.(Koran Kedaulatan Rakyat)

Perlombaan dalam kategori prototype berfokus kepada mobil yang dapat menempuh jarak terjauh dengan desain se-aerodinamis dan seringan mungkin. Sementara untuk kategori urban memiliki konsep mobil hemat energi masa depan, dibentuk selayaknya city-car dan mobil ini tetap didesain guna memenuhi tuntutan hemat energi. Setiap mobil diberikan kesempatan untuk mengikuti maksimal 5 race, dengan 1 race menempuh 9 Km selama 6 kali putaran dimana 1 kali putaran menempuh 1,5 Km.

Dalam kompetisi kali ini tim FT UNJ mengirimkan 2 wakilnya untuk mengikuti kategori prototipe dengan bahan bakar yang berbeda yaitu gasoline dan listrik. Kedua wakil tersebut yaitu Batavia Gasoline Team  dengan mobil Si-Pitung dan Batavia Elektra Team dengan mobil Fatahilllah. Dalam kompetisi ini Batavia Gasoline Team, Manajer Tim di percayakan oleh Ahmad Fahjri,Dosen Pembimbing oleh Dr. Catur Setyawan Kusumohadi, M.T.,Driver utama oleh Tulis Yarisman,Driver cadangan oleh Fairnando Bagus P dan Anggota tim Agung Firdaus, Agung Sulis, Dias Rosaria Indah, Nur Muhammad Erdin. Sedangkan Batavia Elektra Team, Manajer Tim di percayakan oleh Roni Hermawan, Dosen Pembimbing oleh Agung Wibisono Rivai Prabumenang, ST., MT., Driver utama oleh  Faqihudin Abdullah, Driver cadangan oleh Bagas dan Anggota tim Hendarko Ghany, Muhammad Sudania, Muhammad Angga, Rizar Jaya Hanung.

Dengan semangat, kesolidan,strategi dan kerjasama tim baik secara teknis dan non teknis akhirnya Tim dari FT UNJ memperoleh hasil yang maksimal,memuaskan dan membanggakan. Untuk seluruh kategori prototipe yang diikuti dengan bahan bakar bensin dan listrik memperoleh juara. Untuk proto bensin, Batavia Gasoline Team memperoleh juara 2 dengan catatan terbaik 572 Km/L dibawah tim Nakoela Hore UI dengan catatan terbaik 894 Km/L. Sementara untuk proto listrik Batavia Elektra Team memperoleh juara 1 dengan catatan terbaik 321 Km/Kwh diatas tim Apatte 62 dari Universitas Brawijaya dengan catatan terbaiknya 275 Km/Kwh.

Kemenangan ini tentu menjadi modal yang cukup berharga bagi tim FT UNJ nantinya yang akan mengikuti kompetisi serupa di tingkat internasional yang akan di selenggarakan di Singapura bulan Maret nanti dalam  Shell Eco Marathon 2017. Dimana dalam kompetisi ini juga mengikut sertakan 2 tim. Kita doakan yang terbaik dan tunggu kabar baiknya. Aamiin.