Electro Open Robotic 7 – Line follower competition tingkat Pelajar dan tingkat mahasiswa telah berlangsung pada Sabtu 19 November 2016 di Aula Daksinapati gedung Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta.  Sebanyak 50 tim dari berbagai instansi ikut serta dalam kompetisi Ine follower tingkat nasional ini.

Kompetisi EOR ini dibagi menjadi 3 tahap : babak penyisihan, babak 16 besar, dan babak final. Hari Sabtu pukul 10.00 WIB, babak penyisihan dimulai. Pada kategori mahasiswa, babak penyisihan dilakukan 2 kali yang nantinya akan diakumulasikan waktunya untuk mendapatkan pemenangnya yang akan maju di babak 16 besar. Babak penyisihan pun berakhir setelah 14 pertandingan pada kategori mahasiswa dan 7 pertandingan pada kategori pelajar pada pukul 14.00 WIB.

Selang 15 menit akhirnya diputuskan 16 tim dari mahasiswa dan 16 tim dari pelajar yang lolos ke babak 16 besar. Dengan Track yang sama dan peraturan yang sama, babak 16 besar pun dimulai. Persaingan pun semakin ketat pada babak ini, para peserta mulai memahami track ini sehingga menemukan pengaturan yang tepat untuk robot – robot mereka. Tak heran pada babak 16 besar ini  banyak robot – robot yang dengan cepatnya mencapai garis finis dalam hitungan detik.

Hingga pada pukul 16.00 babak 16 besar pun berakhir. Berlanjut ke babak final yang menyisakan 8 peserta dari tiap kategori. Babak final ini cukup mengejutkan para peserta dari tracknya yang baru diumumkan pada saat itu juga (ots). Akhinya para peserta diberikan kesempatan waktu 45 menit untuk mencoba tracknya dan berlatih sebelum babak final berlangsung.

Babak final pun berlangsung, mempertemukan 8 tim dari mahasiswa dan 8 timdari pelajar. Tidak ada satu pun dari pelajar yang mampu mencapai garis finish dikarenakan sulitnya track untuk dipahami para robot. Bahkan dari kategori mahasiswa hanya ada 2 tim yang mampu mencapai garis finish yaitu, tim panzer ganesha dan panzer signum dari ITB. Dibabak final ini atmosfer di pertandingan ini semakin panas ditunjukkan oleh para peserta dan supporter yang mulai berteriak dan berkomplein. Pertandingan yang panaspun ditunjukkan dari kategori pelajar, dimana tim Tenro 3 Elin SMKN 2 Kota Bekasi melawan ROBOTITA MAN 3 A MAN 3 Kota Tangerang. Pertandingan sangatlah ketat sampai juri harus mengulang pertandingan sampai 3 kali untuk menentukan pemenangnya, kedua tim sangatlah bersikeras dengan pendapatnya kepada juri, tapi tetap keputusan akhir ada di juri yang menetapkan tim Tenro 3 Elin SMKN 2 Kota Bekasi melaju ke babak final memperebutkankan juara pertama. Tak hanya di kategori pelajar, bahkan di kategori mahasiswa juri lagi – lagi harus mengulang jalannya pertandingan untuk mendapatkan pemenangnya.

Akhirya kita sampai dipuncak acara dimana kita akan slot kamboja mendapatkan para pemenang dari setiap kategori. Di kategori pelajar, perebutan juara 3 ada tim ROBOTITA MAN 3 A dari MAN 3 Tangerang dan DPTR 3 dari MAN 2 Jakarta. Di perebutan juara 1 ada tim Tenro 3 Elin dari SMKN 2 Kota Bekasi dan n-Lubab dari SMKN 4 Jakarta. Di kategori mahasiswa, perebutan juara 3 ada tim Kunfayakun dari Universitas Negeri Yogyakarta dan Vyper LisZart dari Universitas Negeri Jakarta. Di perebutan juara 1 ada tim Panzer Signum dari Institut Teknologi Bandung dan Pazer Ganesha dari Institut teknologi Bandung.

Pemenang pun akhirnya ditemukan ! dari kategori pelajar walaupun tidak mencapai finish namun usaha mereka patut diapresiasi sudah mencapai sejauh ini. Inilah para pemenangnya:

Kategori Pelajar

Juara I   : n-Lubab dari SMK Negeri 4 Jakarta

Juara II  : Tenro 3 Elin dari SMK Negeri 2 Kota Bekasi

Juara III : DPTR 3 dari MAN 2 Jakarta

Kategori Mahasiswa

Juara I   : Panzer Signum dari Institut Teknologi Bandung

Juara II  : Panzer Ganesha dari Institut Teknologi Bandung

Juara III : Vyper LisZart dari Universitas Negeri Jakarta

Selamat kepada para pemenang ! dan bagi kakek zeus slot yang belum menang tetap semangat karena masih ada EOR 8 yang akan dilaksanakan pada tahun 2017. Sampai jumpa dan selamat bertemu kembali di Electro Open Robotic 8.

By DN