Pagelaran Tata Rias Fantasi 2016

Pagelaran Tata Rias Fantasi 2016

Pagelaran Tata Rias Fantasi 2016

Di Penghujung akhir tahun pada bulan Desesember 2016, Program Studi Tata Rias mengadakan Pagelaran tata rias fantasi 2016 merupakan pengambilan nilai praktik mata kuliah tata rias fantasi  mahasiswa pendidikan tata rias 2013 diikuti oleh 38 mahasiswa yang menampilkan 19 karakter fantasi. Tema yang diusung adalah “The Legend Of Java – Negeri Penggalan Surga” karena ingin mengeksplor lebih dalam tentang kota-kota wisata di pulau Jawa.

Registrasi dibuka pukul 11:00, pengunjung dari orang tua dan mahasiswa pun berdatangan, acara dipandu oleh sepasang MC Ayu Harakita dan Subki Abdul Qadir, menjelang Dhuhur acara ditunda untuk Istirahat, Sholat dan Makan. Acara dibuka lagi pukul 13:00 penonoton langsung disuguhkan 3 penari yang membawakan Tari Yapon, selanjutnya sambutan dari Ketua Pelaksana Nofita Ayu dan Sambutan dari PD III FT ibu Dr. Tuti Iriani, M.Si sekaligus penyerahan plakat untuk sponsor.

Selanjutnya dipandu Pengisi Acara yaitu Dian Mita, para undangan dan penonton diminta berdiri dan bersama menyanyikan lagu Indonesia Pusaka

Babak pertama dimulai dengan cerita Gunung Wurung, yaitu cerita tentang sebuah desa di wilayah Karangsambung yang tak memiliki bukit sehingga menyebabkan desa tersebut selalu ditimpa bencana tanah longsor. Singkat cerita Dewa-Dewa Kahyangan bersedia membuatkan Gunung namun ditengah pembuatan ada salah satu warga yang melanggar perjanjian sehingga membuat Dewa menghentikan pekerjaannya, gunung yang sedang dibangun pun masih setengah jadi, maka disebutlah Gunung Wurung.

Kemudian selingan berupa Tari Jejer Anom dan pembagian doorprize dari sponsor

Babak kedua dilanjutkan dengan cerita Telaga Pasir adalah salah satu objek wisata di Magetan Jawa Timur. Cerita dimulai dari sepasang suami istri bernama Kyai Pasir dan Nyai Pasir yang tinggal di tepi hutan. Suatu hari kyai pasir pergi berladang dan menemukan telur besar di bawah pohon, kemudian diambilah telur tersebut lalu dimasak untuk dimakan berdua dengan istrinya. Taklama setelah memakan telur tubuh suami istri itu kesakitan, di ladang kyai pasir berubah menjadi naga jantan yang besar dan menyeramkan, nyai pasir pun berubah menjadi naga betina. Tanah ladang tempat keduanya berguling-guling menjadi cekung dan dalam kemudian munculah semburan air yang deras dari dasar cekungan, taklama cekunga tersebut telah dipenuhi air dan akhirnya menjadi telaga.

Kemudian selingan kedua yaitu Demo Make Up dari Mukka Cosmetic, dilanjutkan Stand Up Comedy

Babak ketiga adalah cerita tentang Gua Kiskenda merupakan salah satu objek wisata di Desa Jatimulyo Kabupaten Kulon Progo. Berawal dari kedua siluman Mahesa Sura dan Lembu Sura yang menculik Dewi Tara untuk dinikahi, namun Sugriwa berhasil membawa kembali Dewi Tara ke kahyangan, dan Subali berhasil mengalahkan kedua siluman, merasa dihianati oleh saudaranya Subali terbang ke Kahyangan dan terjadi perkelahian. Singkat Cerita Sugriwa lah berhasil direstui untuk menikah dengan Dewi Tara, keduanya membangun kerajaan di Gua Kiskenda dengan nama Pancawati

Kemudian selingan ketiga berupa stand Up Comedy dan pembagian doorprize

Babak Keempat adalah cerita tentang Dewi Sri yaitu dewi padi dan sawah serta dewi kesuburan. Cerita dimulai dari Putra dan Putri Mahkota Kerajaan Purwacarita Dewi Sri dan Raden Sadana yang merasa gundah karena rakyat kerajaan ditimpa bencana kelaparan. Keduanya berhasil keluar dari istana untuk membantu rakyatnya, singkat cerita putra putri mahkota sadar dan kembali ke istana untuk meminta izin kepada Raja dan Permaisuri agar diizinkan hidup berdampingan dengan rakyat, tapi yang didapat hanyalah kutukan. Dewi Sri dikutuk menjadi Ular Sawah dan Raden Sadana menjadi burung Priti.

Kemudian seluruh karakter tampil diatas panggung, kemudian penyerahan medali secara simbolis dari kedua Dosen Pembimbing Ibu Titin Supiani, M.Pd dan Ibu Nurina Ayuningtyas, M.Pd. Sebelum penghujung acara ada prosesi foto bersama para dosen, beautician dan pemain. Selanjutnya adalah pembagian Grand Prize dan closing oleh MC