Pemilihan mahasiswa berprestasi (Mapres UNJ) tingkat fakultas berlangsung kamis, 19 Maret 2015, di Ruang Sidang Fakultas Teknik UNJ. Kegiatan ini dibuka oleh PD III FT UNJ, Dr. Tuti Iriani, MSI dan di hadiri oleh kasubag kemahasiswaan serta dewan juri yang terdiri dari Muhamad Yusro, S.Pd.,MT, Massus Subekti, S.Pd.,MT dan Ririt , ST. MT. Acara dimulai pukul 10 pagi, diawali dengan sambutan dari PD III FT yang sekaligus membuka acara. Dilanjutkan pengarahan oleh ketua dewan juri Muhamad Yusro, S.Pd.,MT. Pemilihan Mapres ini diikuti oleh 11 mahasiswa yang sebelumnya telah mengajukan diri untuk dapat mengikuti seleksi dengan terlebih dahulu  melengkapi berkas-berkas yang telah disesuaikan dari petunjuk Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas, yang salah satunya adalah sertifikat penghargaan dan karya tulis ilmiah. Dalam seleksi ini diberikan langsung kesempatan kepada 11 mahasiswa untuk mempresentasikan karya tulis ilmiah yang telah dibuat oleh masing-masing peserta. Dalam seleksi mahasiswa berprestasi tersebut komponen yang dinilai meliputi IPK Kumulatif, karya tulis ilmiah, prestasi/kemampuan yang diunggulkan dan bahasa inggris. Dari 11 peserta yang tampil ahkirnya diumumkan hasil penilaian Pemilihan Mapres UNY tingkat FT khusus dari program S1
dengan peringkat pertama diraih oleh Bayu Suryo Wiranto mahasiswa jurusan Elektro dengan jumlah nilai 89.84 yang disusul peringkat kedua Dimas Teguh Prasetyo dari jurusan IKK dengan perolehan nilai 84,05, dan peringkat ketiga dengan total nilai 80.72 diraih oleh Ines W.R mahasiswa jurusan Teknik Sipil. Sementara itu untuk program D3, peringkat pertama di raih oleh M. Iqbal mahasswa elektro dengan nilai 82.61 dan Chairul R yang juga mahasiswa elektro dengan nilai 80.05. Jumlah nilai ini telah diakumulasikan dengan lampiran portofolio dan persyaratan lainnya sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam “Panduan Mawapres Sarjana Tahun 2015”.

Selanjutnya acara Grand Final Mapres UNJ 2015, diadakan di Gedung Dewi Sartika lantai 2, aula maftuchah pada hari kamis 9 April 2015. 9 peserta yang mewakili Fakultas masing-masing menunjukan kreativitasnya dalam karya inovatif yang tertuang dalam karya ilmiah, kemampuan berbahasa inggris dan keikut sertaan dalam event-event nasional dan International serta tes kepribadian oleh jurusan psikologi UNJ. Dari Fakultas Teknik untuk Tingkat Strata 1 (S1) diwakili oleh Bayu Suryo Wiranto ( Pendidikan Teknik Elektro/2012 ) dan untuk Tingkat D3 (Diploma) diwakili oleh Muhamad Iqbal ( D3 Elektronika 2012 ). Bayu Suryo Wiranto ( S1 Pendidikan Teknik Elektro 2012 ) mempresentasikan hasil karya tulisnya tentang pembangunan PLTS skala rumah tangga di wilayah pelosok dan terpencil. Dimana ini digunakan untuk membantu kegiatan rumah tangga di masyarakat yang bertempat tinggal di daerah pelosok. Pada sesi kedua, Pidato bahasa inggris , Bayu menjelaskan tentang teknologi untuk mengatasi kemacetan. Sedangkan Muhamad Iqbal ( D3 Elektronika 2012 ) Pada sesi pertama Final Mapres peserta di minta untuk mempresentasikan hasil dari karya tulis ilmiahnya yaitu Prototype Carbidde (Carbon monoxide Detector) untuk mencegah keracunan gas CO didalam mobil. Secara singkat alat ini adalah sebuah benda yang mampu mendeteksi dan membaca kadar co yang ada di sekitarnya, yang bisa ditampilkan hasilnya pada LCD dan pada aplikasi di handphone. Presentasi berjalan selama +/- 10menit dan diteruskan dengan tanya jawab oleh juri makalah dan juri bahasa inggris. Juri memberikan respon positif, di akhir presentasi juri menyarankan untuk mengajukan proposal alat Prototype Carbidde ke produsen mobil, karena alat ini sangat bermanfaat untuk mencegah keracunan gas co yang sering terjadi di slot deposit bank neo dalam mobil. Setelah melalui seleksi yang sangat ketat ahkirnya wakil dari Fakultas Teknik Muhamad Iqbal mendapat slot bank dana peringkat I untuk kelompok D3 dan Bayu Suryo Wiranto mendapat peringkat ke II untuk kelompok S1. Selamat untuk Bayu dan Iqbal.

By DN