Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro

Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro

1.  Visi Program Studi

Menjadi Program Studi Pendidikan Teknik Elektro yang unggul, professional, dan berwawasan kewirausahaan yang mampu menghadapi persaingan global pada tahun 2020.

2.  Misi Program Studi

  1. Meningkatkan kualitas lulusan S1 pendidikan teknik elektro sesuai perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi melalui proses pendidikan, pelatihan, dan penelitian.
  2. Menyiapkan calon pendidik yang professional di bidang pendidikan menengah kejuruan program studi keahlian ketenagalistrikan.
  3. Menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi untuk melanjutkan studi pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  4. Menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi manajemen dan kewirausahaan (enterpreneurship).

3.  Profil Lulusan

Pendidik yang memiliki kompetensi keguruan dan kejuruan serta berkualifikasi ahli muda bidang teknik tenaga listrik yang memiliki jiwa entrepreneurship, inovatif, kompetitif, adaptif dan berahlak mulia.

4.  Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO)

Setelah menyelesaikan seluruh program pendidikan di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, mahasiswa akan mampu:

  1. Menjadi manusia Indonesia seutuhnya yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berahlak mulia, berkepribadian luhur, jujur, dan bertanggung jawab terhadap Allah SWT, profesi, masyarakat, bangsa, dan  Negara Indonesia.
  2. Menganalisa dan memecahkan masalah teknis secara rutin yang berkaitan dengan teknik tenaga listrik dengan menerapkan prinsip-prinsip Matematika, Fisika dan Kimia.
  3. Mengidentifikasi, Menganalisa, dan memecahkan masalah Teknik Tenaga Listrik saat ini dan yang akan datang dengan menggunakan hukum dan teori dasar kelistrikan dalam kerangka aplikasi yang lebih luas.
  4. Menerapkan teknologi tinggi untuk mendisain, analisis dan aplikasi sistem pengukuran yang terkait dengan Kuantitas dan Kualitas Teknik Tenaga Listrik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara profesional dan etis.
  5. Memilih dan Menentukan untuk keperluan, analisis dan aplikasi material yang terkait dengan Teknik Tenaga Listrik untuk pengembangan penerapan dan pembangunan energi ketenagalistrikan.
  6. Memilih dan Menentukan untuk keperluan disain dan Implementasi Instalasi yang terkait dengan Teknik Tenaga Listrik untuk pemanfatan energi listrik dalam memenuhi kualitas hidup.
  7. Menerapkan dan mengaplikasikan sistem pengaman Teknik Tenaga Listrik dalam rangka pengamanan peralatan dan keselamatan umat manusia.
  8. Menerapkan konsep lanjutan ilmu dasar listrik dan rekayasa untuk mengidentifikasi, merumuskan dan memecahkan sistem pengaturan dalam Teknik Tenaga Listrik untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.
  9. Berhasil menyusun Karya Ilmiah yang sesuai dengan prosedur ilmiah berdasarkan analisis, informasi dan data serta mampu menginterpretasikan dan mengkomunikasikan secara akurat dan akuntabel dalam rangka memecahkan fenomena yang terjadi berkaitan dengan profesi.
  10. Mampu memfasilitasi, mengevaluasi, melaksanakan pembelajaran dan hasil belajar secara profesional, serta kemitraan komunitas dalam kerangka pendidikan kejuruan dalam melaksanakan tugas sebagai profesi guru.

5.  Gelar Lulusan      :  Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
6. Akreditasi Program Studi :
Hasil akreditasi oleh BAN: B
Masa Berlaku: 8 Oktober 2010 s/d 8 Oktober 2015
No. SK: 020/BAN-PT/Ak-XIII/S1/XI/2010
Tanggal SK: 8 Oktober 2010

7.  Metode Penilaian
Penilaian mata kuliah dilakukan melalui penilaian proses, penugasan, ujian tengah semester, ujian akhir semester dan
praktik. Pemberian nilai hasil studi mahasiswa didasarkan pada kriteria sebagai berikut :

kriteria

 

 

 

 

 

8.  Kurikulum

Struktur Kurikulum Elko

kurelko1

kurelko2

kurelko3kurelko4kurelko5kurelko6