Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer

Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer

website : ft.unj.ac.id/ptik

1. Visi

Menjadi pusat pendidikan, penelitian, dan pelatihan unggulan di tingkat nasional bidang pendidikan dan kejuruan teknik informatika dan komputer, untuk mencetak calon tenaga pendidik profesional bidang keahlian teknik informatika dan komputer yang berwawasan kewirausahaan.

2. Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan untuk menghasilkan tenaga pendidik yang unggul dan berdaya
    saing tinggi dalam bidang teknik informatika dan komputer melalui pengembangan kurikulum yang mengikuti
    kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian sebagai wujud peran serta aktif dalam meningkatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya bidang teknik informatika dan komputer.
  3. Menemukan, mengembangkan, dan menciptakan karya di bidang teknik informatika dan komputer serta menyebarkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui publikasi ilmiah dan pengabdian masyarakat sebagai wujud kepekaan dan kepedulian dalam kehidupan bermasyarakat.
  4. Membekali lulusan dengan kompetensi pedagogi, profesional, kepribadian, dan sosial yang berwawasan lingkungan dan berjiwa wirausaha.
  5. Membangun organisasi program studi dan jurusan yang sehat berdasarkan prinsip otonomi, akuntabilitas,
    continual improvement, akreditasi, dan evaluasi diri secara berkesinambungan.

3. Profil Lulusan

Lulusan Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer mempunyai kualifikasi Sarjana Pendidikan bidang Teknik Informatika dan Komputer yang berkualitas, berkarakter, beriman, bertaqwa, dan mampu mengembangkan jiwa enterpreunership, serta menjunjung tinggi kebenaran dan kejujuran, dan diharapkan dapat bekerja sebagai:
a. Guru SMK bidang keahlian Komputer dan Jaringan, Multimedia, ataupun Rekayasa Perangkat Lunak.
b. Trainer di diklat industri atau lembaga kursus bidang Teknik Informatika dan Komputer.
c. Tenaga IT di perusahaan.
d. Programmer di Software House / Software Development.
e. Tenaga IT Multimedia di perusahaan pertelevisian dan Production House.

4. Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO)

Setelah menyelesaikan seluruh program pendidikan di Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, mahasiswa akan mampu:

  1. Menjadi manusia Indonesia seutuhnya yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berkepribadian mantap, stabil, dewasa, arif dan berwibawa, sehingga bisa menjadi teladan bagi peserta didik, mandiri dan bertanggung jawab terhadap perkembangan profesinya, anak didiknya, lingkungan kerjanya, masyarakat dan bangsanya.
  2. Kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar.
  3. Mengembangkan program pembelajaran TIK pada Sekolah Menengah Kejuruan bidang keahlian Teknik Informatika dan Komputer sesuai karakter peserta didik.
  4. Merancang program sesuai permintaan pelanggan dengan algoritma yang tepat, struktur data, dan peluang pengembangan program.
  5. Merancang jaringan komputer baik dalam skala kecil (LAN) maupun luas (WAN) beserta seluruh kebutuhan keamanan jaringan sesuai kebutuhan pelanggan dan peluang pengembangan jaringan.
  6. Menghasilkan media kreatif dalam bentuk media visual baik grafis maupun audio visual sebagai bagian dari desainkomunikasi visual.

5. Gelar Lulusan

Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

6. Akreditasi Program Studi

Hasil Akreditasi oleh BAN-PT : C (Skor 286)
SK BAN PT No. : 176/SK/BAN-PT/Akred/S1/VI/2014
Masa Berlaku : 19 Juni 2014 s/d 18 Juni 2019

7. Metode Penilaian

Penilaian mata kuliah dilakukan melalui penilaian proses, penugasan, penilaian praktek, proyek akhir mata kuliah, quiz, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester. Setiap butir penilaian memiliki pembobotan yang ditentukan tersendiri dan dicantumkan pada setiap RPKPS Mata Kuliah yang disusun oleh tiap-tiap dosen pengampu.

kriteria

 

 

 

 

 

8. Kurikulum

kurptik

 

 

 

 

kurptik1

 

 

 

 

kurptik2

 

 

 

 

 

kurptik3

 

 

 

 

 

kurptik4

 

 

 

 

 

kurptik5

 

 

 

 

 

kurptik6

 

 

 

 

 

kurptik7

 

 

 

 

 

kurptik8

 

 

 

 

kurptik9