Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan

Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan

1. Visi

Menjadi lembaga yang menghasilkan sarjana Pendidikan Teknik Bangunan yang profesional, unggul, bertaqwa, berjiwa kebangsaan, dan berwawasan global serta berjiwa wirausaha yang sinergi dengan bidang non kependidikan teknik bangunan

2. Misi

  1. Membina dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan teknik.
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar terapan dalam bidang pendidikan teknik sipil untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta menjawab permasalahan yang ada di masyarakat.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan teknologi berdasarkan hasil-hasil penelitian dalam upaya memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Memajukan dan mengembangkan insan akademik yang profesional, bermutu tinggi, bertanggung jawab dan mandiri di bidang teknik sipil serta memiliki etika akademik yang berorientasi pada pengembangan keilmuan.
  5. Membina dan mengembangkan kerjasama dan kolaborasi yang saling menguntungkan dengan berbagai lembaga terkait untuk melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi.
  6. Membina dan mengembangkan budaya kewirausahaan dalam bidang pendidikan dan bidang teknik sipil.

3. Profil Lulusan

Lulusan program studi Pendidikan Teknik Bangunan mempunyai kualifikasi sarjana Pendidikan, diharapkan dapat bekerja sebagai:

  1. Menghasilkan tenaga guru bidang keahlian Teknik Bangunan yang mampu mengembangkan sistem pengajaran bidang keahlian Teknik Bangunan di SMK dan pendidikan formal dan pendidikan non formal yang setingkat dengan itu.
  2. Menghasilkan tenaga yang bisa bekerja di bidang jasa konstruksi yang relevan dengan keahliannya dalam bidang Teknik Bangunan.
  3. Menghasilkan lulusan yang bisa berwirausaha dengan bekal ilmu Teknik Bangunan.

4. Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO)

Lulusan Program Studi Teknik Bangunan dididik untuk menjadi Guru Sekolah Menengah Kejuruan bidang teknologi Teknik Bangunan dengan pengkhususan bidang struktur, surveyor dan manajemen konstruksi. Disamping itu sesuai dengan visi perguruan tinggi dan fakultas, lulusan juga dibekali dengan kemampuan di bidang kewirausahaan.
Kurikulum Berbasis Kompetensi pada Program studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan UNJ dikembangkan berdasarkan visi, misi dan tujuan program studi yang mengacu pada visi dan misi Universitas Negeri Jakarta dan Fakultas Teknik. Sebagaimana tugas pokoknya sebagai penghasil tenaga pendidik di bidang teknologi khususnya Teknik Bangunan, maka profil lulusan Prodi ini adalah : Guru Sekolah Menengah Kejuruan bidang teknologi teknik bangunan dengan beberapa pengkhususan yaitu : bidang teknik struktur dan bidang teknik menggambar. Disamping itu sesuai dengan visi perguruan tinggi dan fakultas, lulusan juga dibekali dengan kemampuan di bidang kewirausahaan.
PLO yang menjadi target capaian pembelajaran prodi Pendidikan Teknik Bangunan UNJ secara umum terbagi menjadi empat kelompok kompetensi. Kelompok PLO pertama adalah kompetensi institusional yang terkait dengan kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat, Kelompok PLO kedua memayungi kompetensi pedagogik yang merupakan penciri dari Universitas Negeri Jakarta, Kelompok PLO ketiga adalah kompetensi dasar keteknikan dan dasar-dasar teknik bangunan, sedangkan kelompok kompetensi keempat merupakan kompetensi khusus yang disesuaikan dengan minat dan bakat mahasiswa.

5. Gelar Lulusan

Sarjana Pendidikan (S. Pd)

6. Akreditasi

Program Studi Pendidikan Teknik Sipil telah diakreditasi dengan nilai B berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi No. 021/BAN-PT/Ak-XIII/S1/I/2010 tanggal 15 Oktober 2010.