Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana

1.  Visi

Visi dari Program Studi Pendidikan Tata Busana adalah menjadi lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan sumber daya manusia yang unggul secara nasional dalam bidang Kependidikan Tata Busana yang berwawasan kewirausahaan pada tahun 2020.

2.  Misi

Misi Program Studi Tata Busana adalah mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi dan seni di bidang busana yang dapat mengembangkan hidup manusia dan lingkungan yaitu :

  1. Menyiapkan tenaga akademik dan atau profesional yang bermutu, bertanggung jawab dan mandiri dibidang
    pendidikan tata rias guna menghadapi berbagai tantangan di masa depan.
  2. Mengembangkan berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu, teknologi dan seni yang berdaya guna dan berhasil guna dalam upaya memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  3. Menciptakan budaya akademik yang kondusif bagi pemberdayaan semua potensi kemanusiaan yang optimal
    dan terintegrasi secara berkesinambungan.
  4. Memfungsikan program studi pendidikan tata busana yang mampu menerapkan prinsip-prinsip enterpreneurship dalam kinerjanya secara berkesinambungan.
  5. Melaksanakan kegiatan kewirausahaan dan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai lembaga di dalam maupun di luar negeri dalam melaksanakan Tri dharma perguruan tinggi sebagai perwujudan dan kebersamaan hidup untuk membangun masa depan yang lebih baik.
  6. Melakukan penelitian dasar dan terapan yang profesional pada taraf nasional, regional dan internasional dalam bidang Tata Busana untuk serta menjawab permasalahan yang ada di masyarakat.

3.  Profil Lulusan

MenghasilkanTenaga pengajar atau instruktur pada pendidikan formal dan non formal yang berwawasan IPTEKS, seni yang memiliki kemampuan managerial di bidang tata busana

4.  Capaian Pembelajaran Program Studi (PLO)

Setelah mengikuti seluruh program pendidikan di prodi Pendidikan Tata Busana mahasiswa akan mampu:

  1. Mengelola pembelajaran tata busana yang berkarakter pada tingkat sekolah menengah bedasarkan karakter
    peserta didik dangan model pembelajaran yang tepat.
  2. Mengaplikasikan bidang keahlian dan memanfaatkan ilmu pengetahuan,teknologi,dan seni pada bidang produksi busana untuk penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  3. Mengaplikasikan bidang keahlian dan memanfaatkan ilmu pengetahuan,teknologi,dan seni pada bidang
    desain busana untuk penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.

5.  GelarLulusan

SPd. (Sarjana Pendidikan)

6.  Akreditasi Program Studi

Hasil akreditasi oleh BAN-PT : A                                  Masa Berlaku: 21 Oktober 2011 sd. dengan 21 Oktober 2016
No. SK : 032/BAN- PT/Ak-XIV/SI/2011                   Tanggal SK : 21 Oktober 2011