Sejarah

SEJARAH

Sejak tanggal 4 Agustus 1999 IKIP Jakarta berubah menjadi Universitas Negeri jakarta dengan Keppres 093/1999 tanggal 4 Agustus 1999. Seiring dengan perubahan IKIP Jakarta menjadi universitas nama fakultas, Jurusan dan program studi berubah mula-mula FPTK berubah menjadi Fakultas Teknologi mengingat asal mulanya dari Fakultas Teknologi dan Kejuruan di samping bahwa Fakultas Teknologi juga menyelenggarakan program D3 yang bersifat profesional di samping itu di dalam fakultas ini terdapat Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga.

Mempertimbangkan pengembangan ke depan nama fakultas berganti menjadi Fakultas Teknik (FT) di bawah FT terdapat empat jurusan yakni (1) jurusanTeknik Elektro (2) Jurusan Teknik Sipil (3) Jurusan Teknik Mesin san (4) Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga.

Fakultas Teknik menyiapkan tenaga yang bekerja di bidang keteknikan yang mencangkup bidang atau fungsi (1) research (penelitian); (2) Development (pengembangan) (3) design (perancangan) (4) Produksi dan konstruksi (5) operations and maintenace (operasional dan pemeliharaan); (6) Sales (penjualan);(7)management, (8) testing material, (9) Konsultan dan (10) pengajar/pendidik (Red. 1981).

Kualifikasi bagi peneliti dan pengembang kebanyakan berpendidikan doktor atau master. Sedangkan kualifikasi untuk designer adalah master atau sarjana.  Kualifikasi untuk produksi dan konstruksi banyak dilakukan oleh sarjana dan lulusan D3. Sedangkan operasional dan pemeliharaan kebanyakan dilakukan oleh lulusan D3 atau sekolah menengah kejuruan. Sedangkan untuk fungsi/bidang lainnya, dapat dilakukan oleh lulusan sarjana dengan Spesialisasi khusus. Sebagai pendidik kualifikasi pendidikan tergantung pada tugas yang akan diembannya.

Sebagai pengajar lulusan FT akan mengajar di sekolah menengah kejuruan (SMK), sebagai instruktur di Latihan Kerja, instruktur di pusat pelatihan industri atau dosen di fakultas. Semua berkaitan dengan industri.

 

DEKAN FT DARI MASA KE MASA

Dekan1 Dekan2 Dekan3
Dekan4 Dekan5 Dekan6
Dekan7 Dekan8 Dekan9
Dr. Riyadi

Dr. Riyadi, ST., MT.
Dekan FT UNJ Tahun 2013 – Sekarang