Selasa, 9 Juni 2020 mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan dan D3 Teknik Sipil berkesempatan belajar langsung dengan perusahaan pelopor paving terkemuka, PT. Conbloc Internusa. Perusahaan pertama yang memproduksi dan memperkenalkan paving block di Indonesia ini mengadakan program “Conbloc Goes to Campus; Inspire Your Hardscape Design Creativity”. Melalui program ini, Conbloc berbagi informasi kepada mahasiswa Teknik Sipil mengenai inovasi desain hardscape.

Hardscape yang dimaksud dapat terdiri dari: 1) kayu; 2) batu-batuan, pasir, dan batu bata (potensi geologi); 3) bahan metal, yaitu besi, aluminium, perunggu, tembaga, dan baja; 4) bahan sintetis atau tiruan, yaitu bahan plastik atau fiberglass; dan 5) buatan dari kombinasi material, seperti beton dan plywood. Adapun hardscape pada jalan terdiri dari: 1) Flexible pavement (aspal); 2) Rigid pavement (beton); dan 3) Composite pavement (gabungan rigid dan flexible pavement).

Acara ini dilakukan dengan konsep webinar dan dimulai pada pukul 13.00 WIB. Hadir membuka acara, Wakil Dekan I FT, Bapak Dr. Imam Basori, S.T.,M.T. Pada sambutannya beliau menyampaikan terima kasih kepada PT. Conbloc Internusa yang telah mempercayai Rumpun Teknik Sipil UNJ sebagai mitra pada kegiatan ini. Beliau juga berpesan kepada mahasiswa yang hadir agar banyak bertanya karena informasi yang didapatkan riil sesuai aplikasi di industri.

Sejumlah 256 mahasiswa prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan dan D3 Teknik Sipil dari angkatan 2016 – 2019 hadir menyimak penjelasan dari  Ibu Rakhma (QC PT Conbloc Internusa) dan Bapak Lukman (Div. AWS PT Conbloc Internusa). Pada awal paparannya Ibu Rakhma menjelaskan bahwa PT. Conbloc Internusa berdiri sejak 1974 dan merupakan pionir manufaktur yang memproduksi paving block di Indonesia. Perusahaan ini memiliki pabrik seluas 150.000 m2 didukung sistem produksi berbasis teknologi Jerman dengan kapasitas produksi 10.000 m2/hari.  Uniknya nama “Conbloc” itu sendiri pun telah menjadi nama umum untuk semua produk paving block di Indonesia.

Pemaparan selanjutnya disampaikan oleh Bapak Lukman. Pada paparannya beliau menjelaskan bahwa hardscape menggunakan paving memiliki beberapa keunggulan, seperti: pemasangannya cepat dan mudah dilakukan, harga relatif murah dan hemat, serta mudah dalam perawatan. Selain itu, paving lebih tahan terhadap cuaca dan mendukung nilai estetika. Selain itu, beliau menjelaskan pula mengenai spesifikasi paving dan beberapa proyek yang menggunakan produk dari PT. Conbloc Internusa.

Setelah sesi presentasi mahasiswa diberikan kesempatan untuk bertanya kepada pembicara. Acara selesai sekitar pukul 15.30 WIB dan ditutup oleh Koorprodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan, Ibu Anisah, M.T.