Pengabdian Masyarakat secara Virtual Pertama di Lingkungan Fakultas Teknik sukses dilaksanakan oleh Dosen Prodi PKK UNJ

 

 

Kamis, 21 Mei 2020, Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga telah mengadakan pengabdian masyarakat secara virtual di masa pandemi covid-19 ini. Pengabdian masyarakat secara virtual ini adalah yang pertama kali diselenggarakan oleh dosen di Fakultas Teknik UNJ. Pengabdian Masyarakat ini berupa Pengembangan Kompetensi Guru dengan menggunakan Learning Management System “Schoology dan Slido” di masa pandemi COVID-19. Acara ini diadakan oleh Dosen Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Prastiti Laras Nugraheni, M.Si. dan Vania Zulfa, M.Pd. sebagai pemateri Schoology dan Slido. Disambut oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, Dr. Uswatun Hasanah, M.Si. yang memberikan semangat sekaligus membuka secara resmi acara tersebut, dihadiri pula oleh Dr. Kastolani, M.Pd., Drs. Suparman, Drs. Bambang Tedjo Basuki, M.T, selaku Pengawas Suku Dinas Wilayah I dan II Jakarta Utara yang turut membantu tersebarnya acara ini.

Acara ini menutup pendaftaran di angka 148 peserta, melebihi kuota yang diharapkan dan peserta yang terdaftar tersebar dari ujung timur hingga ujung barat Indonesia, dari Bengkalis hingga Papua, bahkan hingga Sabah Malaysia. Sehingga acara pun diadakan melalui platform Zoom Meeting yang dihadiri 73 peserta, dan melalui Live Streaming Youtube di channel ‘Vania Zulfa’ sebanyak 25 penonton dan membludak ke angka 198 views setelah selesai streaming, serta Live Instagram di akun @vaniazulfa dengan 18 penonton. Antusiasme peserta sangatlah tinggi membuat acara ini berlangsung sukses dan lancar.

 

Pelatihan ini menyampaikan tentang Learning Management System yaitu Schoology dan platform tanya jawab serta polling yaitu Slido di masa pandemi COVID-19. Dengan tujuan mengembangkan kompetensi guru se-Indonesia untuk dapat melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dimasa pandemi ini. Schoology dapat dijadikan salah satu alternatif platform yang digunakan untuk mendukung pemindahan proses pembelajaran menjadi tatap maya tanpa menghilangkan tujuan, esensi, dan proses-proses yang penting di pembelajaran tatap muka. Melalui Schoology guru dapat melakukan persiapan pembelajaran, mengisi konten setiap pertemuan, berdiskusi dengan siswa, dan mengevaluasi siswa, serta mengabsensi siswa, bahkan memudahkan guru merekap penilaian karena nilai terhitung dan terekap secara otomatis. Slido dapat dijadikan salah satu alternatif platform tanya jawab yang interaktif dan menarik sehingga menghilangkan kejenuhan siswa dan guru dalam melakukan pembelajaran jarak jauh. Peningkatam kompetensi guru ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para guru dalam mengajar siswa secara virtual dari rumah dengan menarik.

Kegiatan ini dibuka oleh MC dan dilanjutkan oleh sambutan Dekan Fakultas Teknik Dr. Uswatun Hasanah, M.Si. kemudian diadakan sesi foto bersama. Setelah itu, kegiatan inti pertama tentang Schoology disampaikan oleh Prastiti Laras Nugraheni, M.Si. dan dilanjutkan dengan materi kedua tentang Slido yang disampaikan oleh Vania Zulfa, M.Pd. Penyampaian materi sekaligus simulasi berlangsung lancar dan peserta pun fokus saat menyimak kedua materi tersebut. Diadakan pula sesi tanya jawab di platform Slido dengan jumlah pertanyaan mencapai lebih dari 50 pertanyaan berasal dari seluruh peserta di Zoom Meeting, Youtube, maupun Instagram. Sebagian pertanyaan dijawab melalui Zoom Meeting, dan karena keterbatasan waktu sisa pertanyaan dijawab oleh Narasumber dengan menggunakan platform Slido, sehingga seluruh pertanyaan dapat terjawab dan memberikan kepuasan bagi seluruh peserta.

Acara ditutup dengan kesimpulan, serta pembagian link Survei Evaluasi Kegiatan dan pendataan sertifikat elektronik yang dikirimkan melalui email. Berdasarkan survey evaluasi kegiatan, respon peserta sangat positif, menurut mereka kegiatan ini memberikan ilmu dan pengetahuan baru yang sangat bermanfaat untuk kegiatan PJJ. Bahkan berdasarkan survey, bagi peserta yang selama ini sudah menggunakan schoology sebagai platform PJJ, kegiatan ini meningkatkan pengetahuan mereka sehingga dapat memaksimalkan penggunaan schoology karena penjelasan yang detail oleh narasumber. Kegiatan pengabdian masyarakat secara virtual ini diselenggarakan dengan sangat sukses dan penuh antusiasme peserta.

Dokumentasi :