Kabar gembira datang dari rumpun Teknik Sipil. Selama periode Januari sampai Juni 2020 mahasiswa Teknik Sipil, dalam hal ini Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan berhasil meraih beberapa prestasi. Berikut ini tiga prestasi yang berhasil diraih baik tingkat lokal maupun nasional.

  1. Juara II BIM WIKA Award 2020 Kategori Road Modelling

BIM WIKA AWARD merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh PT Wijaya Karya dalam rangka memperingati HUT ke-60 PT. Wijaya Karya. Acara ini dilaksanakan sejak tanggal 13 november 2019 hingga 11 maret 2020. Acara tersebut dilakukan secara bertahap sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh panitia. Kegiatan pertama yang diikuti, yaitu tahap registrasi yang dilakukan pada tanggal 13 hingga 30 November 2019. Pada tahap ini, setiap peserta yang akan mengikuti BIM WIKA AWARD melakukan pendafataran dan mengonfirmasi anggota tim yang akan mengikuti acara ini pada link yang diberikan oleh panitia. Tim dari Universitas Negeri Jakarta mendaftar dengan nama BRACING TEAM pada kategori Road Modelling dengan beranggotakan Andreas Dwi Jati Prasetyo (S1 Pendidikan Teknik Bangunan 2017), Bayu Eka Sanktiaji (S1 Pendidikan Teknik Bangunan 2017), dan Rista Setiami (S1 Pendidikan Teknik Bangunan 2016) yang berada di bawah bimbingan langsung Bapak M. Agphin Ramadhan, M.Pd. Proyek yang dikerjakan oleh BRACING TEAM adalah jalan tol Bangkinang – Pangkalan. Proyek tersebut dimodelkan dengan menerapkan metode BIM (Building Information Modeling) yang terdiri dari 7 tahap, yaitu: pembuatan kontur, penentuan titik awal dan titik akhir, pembuatan geometri jalan, pembuatan corridor, pembuatan Detail Engineering Design (DED) dan perhitungan Bill of Quantity. Pada tahap akhir didapatkan panjang jalan ± 36,495 km dan biaya senilai Rp. 1.326.612.456.761. Pada kategori road modelling, BRACING TEAM berhasil meraih juara 2 mengungguli Undip yang harus puas di juara 3. Sedangkan juara 1 berhasil diraih oleh ITB.

 

 

  1. Tiga gelar juara oleh Tim E-Sport Deadly Civilians selama tahun 2020

Tim E-Sport Deadly Civilians (DC) merupakan tim e-sport pada kategori Mobile Legends yang beranggotakan mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2018. Mereka terdiri dari: Nabielsky Bagis, Muhammad Yusril Ihza Mahendra, Kevin Pramudya Anggara, Reza Aprilianto, Muhamad Reza, Farhan Rahmandha, dan Farid Hamdani. Selama tahun 2020, DC meraih 3 gelar juara. Perjalanan mereka di 2020 dimulai dengan meraih Juara 3 dalam Lomba PONSEL UNJ yang diselenggarakan pada tanggal 8 Januari – 10 Januari 2020, DC menjadi juara ketiga setelah mengalahkan Tim AOD dengan skor 2-1. DC melanjutkan petualangan mereka dengan  meraih juara 2 di 2 perlombaan berbeda di tahun ini, yaitu menjadi juara 2 di event Online Tournament Black Dragon Yu zhong yang diselenggarakan Oleh E-Sport MLBB UNJ, DC harus puas menjadi Juara 2 setelah di Final Takluk dengan skor 2-0 oleh tim Imperial Agata. Selanjutnya di event lain yakni Summer Party Tournament, DC juga Harus puas dengan menjadi juara 2 setelah dikalahkan difinal Oleh Tim Traitors dengan skor 2-1.

  1. Pemenang Photo Of The Month Periode Mei 2020

Siti Zhuhri Mauliddiana, mahasiswi S1 Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2018 ini memiliki minat dan bakat dalam bidang fotografi. Ia mengikuti kompetisi ini bertujuan untuk mengasah sekaligus mengukur kemampuannya dalam bidang fotografi. Pada Periode Mei 2020. Zhuhri mengunggah karyanya dengan menuliskan caption ‘Lihat Aku, maka Aku akan melihatmu’ pada tanggal 16 Mei 2020 melalui akun instagram pribadinya (@zhuhrimauliddiana). Lalu dinyatakan sebagai salah satu dari 5 besar Photo Of The Month pada tanggal 28 Mei 2020. Empat posisi lainnya diduduki oleh Wisnu Prabowo dan Andika Purwindiyanto dengan 2 karyanya masing-masing. Pada tanggal 3 Juni 2020, KMPF UNJ mengumumkan bahwa Zhuhri menjadi Pemenang Utama Photo Of The Month Periode Mei 2020.

Demikianlah 3 prestasi yang berhasil diraih oleh mahasiswa-mahasiswa Teknik Sipil UNJ. Semoga ke depan prestasi yang diraih dapat lebih baik lagi. Aamiin.