PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN

 

Program Studi         : Teknik Mesin

Strata                     : S1

No. SK Pendirian     : SK Kemenristekdikti No. 437/KPT/I/2019 Tgl. 10 Juni 201

Gelar Lulusan         : Sarjana Teknik (S.T.)

 

  1. Visi Misi Program Studi Teknik Mesin

 

  1. Visi

Mengembangkan keilmuan manufaktur dan energi terbarukan untuk menunjang kemajuan industri otomotif tingkat Asia Tenggara.

 

  1. Misi
    1. Membina dan mengembangkan keilmuan dan teknologi manufaktur serta energi terbarukan untuk menunjang kemajuan industri otomotif.
    2. Memajukan dan mengembangkan insan akademik dan/atau profesional yang bermutu tinggi, bertanggungjawab dan mandiri di bidang teknik mesin serta memiliki etika akademik yang berorientasi pada pengembangan keilmuan.
    3. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan yang profesional pada taraf nasional, regional dan internasional dalam bidang teknik mesin untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan standar internasional.
    4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang teknik mesin berdasarkan hasil-hasil penelitian dalam upaya memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
    5. Mengembangkan technopreneurship bidang teknik mesin sebagai wujud dari hilirisasi penelitian yang menghasilkan produk inovatif berbasis teknologi.

 

  1. Capaian Pembelajaran Prodi Teknik Mesin

 

  1. Aspek Sikap
  2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  3. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  11. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  12. Menunjukan sikap yang tulus, kesungguhan hati, serta komitmen untuk mengembangkan sikap nilai, serta kepribadian yang mampu membangun perekonomian nasional dan meningkatkan kesejahtraan rakyat.

 

  1. Aspek Penguasaan Pengetahuan
  2. Menguasai konsep teoritis sains, aplikasi matematika rekayasa, prinsip-prinsip rekayasa (engineering fundamental), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan dibidang industry otomotif, energy terbarukan dan injection molding serta komponen-komponen yang diperlukan
  3. Menguasai prinsip dan teknik perancangan dibidang industry otomotif, energy terbarukan dan injection molding dan komponen-komponen yang diperlukan;
  4. Menguasai prinsip dan isu terkini dalam ekonomi, sosial, dan lingkungan secara umum;
  5. Menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru serta terkini di bidang perancangan, proses manufaktur, serta pengoperasian dan perawatan dibidang industry otomotif, energy terbarukan dan injection molding.

 

c1. Aspek Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif, dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi dan menggunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik di dalam maupun di luar lembaga.
  7. mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  8. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  10. mampu berkomunikasi secara verbal dalam dua bahasa asing.

 

c2. Aspek Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan maslah rekayasa yang kompleks (complex engineering problem) dibidang industry otomotif, energy terbarukan dan injection molding.
  2. Mampu menemukan sumber masalah rekayasa kompleks pada sistem mekanika (mechanical system) melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data, dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa.
  3. Mampu melakukan penelitian yang mencakup identifikasi, formulasi, dan analisis masalah rekayasa kompleks dibidang industry otomotif, energy terbarukan dan injection molding serta komponen-komponen yang diperlukan.
  4. Mampu merumuskan solusi untuk masalah rekayasa di bidang dibidang industry otomotif, energy terbarukan dan injection molding. dan komponen komponen yang diperlukan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial, lingkungan, dan konservasi energi.
  5. Mampu merancang sistem dibidang industry otomotif, energy terbarukan dan injection molding dan komponen-komponen yang diperlukan dengan pendekatan analitis dan mempertimbangkan standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial, dan lingkungan (environmental cosideration).
  6. Mampu memilih sumber daya dan memanfaatkan perangkat perancangan serta analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk merancang, membuat, dan memelihara sistem dibidang industry otomotif, energy terbarukan dan injection molding serta komponen-komponen yang diperlukan.