Sabtu, 13 Juni 2020 Himpunan Mahasiswa (Hima) Prodi Teknik Sipil melaksanakan Seminar Pendidikan Kejuruan dan Teknik Sipil 2020 secara daring. Hal ini dilakukan karena pandemi COVID-19 dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sesuai kebijakan kampus UNJ. Seminar dengan tema utama “Inovasi Pembangunan Teknologi dan Pendidikan” ini memiliki dua rangkaian acara yaitu sesi pemaparan dari para pembicara dan sesi paralel. Sub tema dari sesi paralel, yaitu: Pendidikan Vokasi, Pendidikan Umum, Konstruksi Teknik Sipil, dan Lingkungan Amdal.

Hadir membuka acara, Wakil Dekan III FT, Ibu Ir. Erna Septiandini, MT. Pada sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada para pembicara karena telah memenuhi undangan dari panitia. Beliau juga mengapresiasi kegiatan ini, meskipun dalam masa PSBB mahasiswa masih dapat melaksanakan kegiatan positif.

Pada sesi pertama, Bapak Galeh Nur Indriatno Putra Pratama, M.Pd selaku dosen prodi S1 ​​Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan UNY menyampaikan materi tentang “Pengembangan dan Inovasi terbaru pada Pendidikan Indonesia”. Kemudian dilanjutkan dengan pembicara kedua oleh Ibu Dian Meliana Kurniawati L, S.T.,M.Pd selaku Ketua Tim ISO 9001 : 2015 SMK Negeri 4 Jakarta yang membawakan materi tentang “Inovasi Terbaru di bidang Pendidikan Vokasi”Pembicara ketiga oleh Annisa Dewanti Putri, S.Pd M.Eng yang membawakan materi tentang “Perbandingan Teknologi dan Pendidikan di China dan Indonesia”. Pembicara keempat oleh Bapak Kusno Raharjo, M. Ec. Dev, MAPPI selaku Pimpinan Kantor Jasa Penilai Publik KJPP Kusno Raharjo membawakan materi tentang “Penilaian pada Bangunan”

Acara berjalan lancar dan disambut baik dengan para pemakalah yang berasal dari dalam maupun luar UNJ. Pemakalah yang hadir sebanyak 48 orang, sebagian besar merupakan mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Bangunan UNJ yang sedang proses menyelesaikan skripsi. Selain itu, hadir beberapa pemakalah yang berasal dari: UPI, Politeknik Kesehatan Kendari, Universitas Katolik Santo Thomas Medan, Universitas Muhammadiyah Tangerang, dan Universtias Slamet Riyadi Surakarta. Seminar yang menggunakan platform Zoom Meeting ini dihadiri hingga 71 hadirin dan disiarkan secara langsung melalui akun Youtube HIMA Prodi Teknik Sipil.

Pada sesi paralel terdapat 5 kelas (room Zoom) yang diisi oleh 9 – 10 orang pemakalah. Para pemakalah diberikan waktu selama 7 menit untuk memaparkan hasil penelitiannya kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab. Kegiatan selesai sekitar pukul 16.00 WIB. Luaran dari kegiatan ini adalah artikel yang akan dipublikasikan pada prosiding ber-ISBN. Beberapa artikel terpilih nantinya akan terbit di Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil atau Jurnal Menara .