Pandemi yang malanda Indonesia yang berkepanjangan rupanya tidak menghalangi niat berbagi pengetahuan dan melaksanakan program Pengabdian Masyarakat yang dilakukan oleh kelompok dosen Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer FT-UNJ. Hal ini tercermin dari eksistensinya dalam memberikan pembekalan tentang ilmu yang berkaitan dengan Infomatika dan Komputer sesuai dengan keahlian dari kelompok dosen yang melaksanakan kepada guru dan masyarakat sekitar Universitas Negeri Jakarta. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut berlangsung selama 1 Minggu dengan Konsep On-Off-ON menggunakan konsep asyncronus dan syncronus learning. Dari tanggal 2-9 Oktober 2021, dimana kegiatan syncronus learning dengan menggunakan aplikasi MS-Teams di tanggal 2-3 Oktober 2021 dan sisanya menggunakan asyncronus learning berbasis LMS google classroom. Partisipan dari kegiatan ini meliputi 40 Orang peserta dari kalangan guru dan juga masyarakat sekitar yang mengajar dengan bidang studi Pendidikan informatika dan computer.

Dalam Kegiatan ini Dosen dari Kelompok Pengabdian yang diketuai oleh Ficky Duskarnaen, M.Sc dengan anggota Diat Nurhidayat, M.TI, dan Murien Nugrahaeni, M.Cs. Memberikan pelatihan tentang Pelatihan Packet Tracer Sebagai Sarana Simulasi Pembelajaran Jaringan Komputer Lanjut Bagi Guru Dan Masyarakat Umum Di Wilayah Dki Jakarta, dimana dilaksanakan pemaparan teori kepada peserta pelatihan dan mengajak melaksanakan langsung simulasi atau praktek langung secara Bersama-sama dan menggunakan aplikasi packet tracer tersebut. Kegiatan ini berlangsung sangat seru ditambah dengan antusias para peserta dalam menggali pengetahuannya dengan mengajukan berbagai pertanyaan unik, sehingga membuat webinar ini terasa seperti offline.

Kelompok kedua yang diketuai oleh Hamidillah Adjie, S.Si. MT. dan Dr. Widodo, M.Kom. memberikan pelatihan tentang, penggunaan MS Team sebagai Media Pembelajaran. Juga dilaksanakan kepada guru dan juga masyarakat sekitar, dilaksanakan dihari kedua, tanggal 3 Oktober 2021. Peserta antusias mendengarkan dan juga berdiskusi aktif dalam kegiatan materi tersebut.

Semoga dengan diadakannya program ini, dapat memberikan banyak manfaat kepada masyarakat serta membuat nama Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer semakin dikenal oleh khalayak banyak.

 

By DN