Dosen Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Jumat (21/10/2021). Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dekan Fakultas Teknik, Dr. Uswatun Hasanah, M.Si., mengatakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi di masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu bentuk sumbangsih perguruan tinggi bagi masyarakat. Kegiatan tersebut dapat berupa pendampingan, pelatihan, atau penyuluhan.

“Pada tahun 2021, Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga berkolaborasi dengan SMPN 259 Jakarta untuk melaksanakan kegiatan penyuluhan kemandirian belajar pada siswa. Siswa SMP saat ini sudah masuk ke dalam tahapan remaja yang megalami banyak pembelajaran tentang kehidupan dan pengembangan karakter. Kemandirian belajar bukanlah sikap yang bisa datang tiba-tiba. Karakter tersebut perlu dibentuk sejak dini dan menjadi tanggung jawab orang tua, sekolah, dan masyarakat,” lanjut Uswatun.

Penyuluhan ini bertujuan untuk memunculkan kesadaran pada diri siswa mengenai pentingnya memiliki sikap kemandirian belajar. Dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh, siswa tidak bisa hanya mengandalkan materi pelajaran yang disediakan oleh gurunya saja. Siswa perlu melakukan kegiatan belajar aktif yang didorong oleh motivasi untuk menguasai kompetensi yang telah ditetapkan.

Dosen Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Maya Oktaviani menyampaikan pentingnya kemandirian belajar bagi siswa. “Berkaitan dengan keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa dalam mengikuti pembelajaran abad 21 yang terdiri dari Critical Thinking, Collaboration, Communication, dan Creativity, maka siswa harus mampu menyelesaikan masalah, berkolaborasi dengan teman sebaya, bertanggung jawab, memiliki inisiatif dan kreativitas, juga mampu berdiri sendiri tanpa bergantung pada orang lain,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Elmanora, Koordinator Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga menyampaikan pentingnya peran lingkungan sekolah dalam pembentukan karakter anak. “Guru perlu menggunakan strategi yang tepat dalam menumbuhkan sikap kemandirian pada siswa,” terangnya.

Pada kesempatan ini, dosen Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga membagikan buku saku kemandirian belajar secara gratis untuk siswa-siswi SMPN 259 Jakarta. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Muhammad Basir menyampaikan apresiasi bagi dosen Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga atas terselenggaranya kegiatan ini. “Semoga kemitraan ini tidak hanya berhenti sampai di sini. Kami menantikan kolaborasi berikutnya,” tambahnya.

 

Berita ini sudah ditayangkan di infobandungkota pada 29 Oktober 2021.

By MO