Green Campus merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk menciptakan infrastruktur kampus yang ramah lingkungan. Harapannya, hal ini dapat meningkatkan kesadaran serta kepedulian sivitas akademika untuk turut serta berpartisipasi dan bertanggung jawab dalam mengurangi pemanasan global. Melalui kolaborasi riset dosen dan mahasiswa, Fakultas Teknik mencoba menjadi pelopor untuk mendukung green campus.

Mobil listrik yang diberi nama elcara-0108 ini merupakan hasil kolaborasi antara mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika, mahasiswa Program Studi Teknik Mesin, serta dosen. Desain elcara-0108 diselesaikan dalam waktu 2 bulan, sedangkan  perakitannya membutuhkan waktu hingga 6 bulan. Mobil dengan berat 532 kg ini menggunakan motor listrik BLDC 10kW dengan pendingin udara batery 8kAh. Dilengkapi dengan Grid Panel Surya for Hybrid Charging System 500Wh, mobil ini mengusung motto “makin macet makin bertenaga”. Tidak lupa ada fitur Smart Key RFID yang membuat mobil ini aman digunakan pada area terbatas maupun area terbuka. Elcara-0108 memiliki kapasitas 8 penumpang sehingga sangat cocok digunakan sebagai shuttle bus atau bus pengumpan.

Pada hari Jumat (10/06), Dekan Fakultas Teknik, Dr. Uswatun Hasanah, M.Si bersama Rektor Universitas Negeri Jakarta, Prof. Dr. Komarudin, M.Si meluncurkan karya inovatif dan rekayasa ini. Kegiatan peluncuran ini dilaksanakan di Lobby Rektorat dan dihadiri oleh para pimpinan di lingkungan UNJ. Pada acara ini, diluncurkan juga sepeda listrik. Mobil dan sepeda listrik ini belum diproduksi secara massal. Harapannya, akan ada peningkatan fitur-fitur yang lebih futuristik berdasarkan hasil evaluasi pada tahap uji coba ini.

By MO