EnglishGermanIndonesian

Beasiswa IISMA : Pertukaran Mahasiwa ke luar negeri diberikan untuk Mahasiswa UNJ

Jakarta, 11 September 2023 – Indonesia International Student Mobility Award (IISMA) adalah skema beasiswa yang dikelola Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti), Kementerian pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud) untuk memberi mahasiswa indonesia kesempatan mobilitas ke universitas luar negeri. Program ini diberikan kepada mahasiswa semester 4 hingga 7 untuk mahasiwa sarjana dan diploma seluruh indonesia.

Salah satu mahasiswa Universitas Negeri Jakarta, Sendi, mahasiswa semester 5 program studi D4 Desain Mode 2023. Ia menjadi salah satu pendaftar beasiswa IISMA dari ribuan berdaftar seluruh Indonesia. Sejak awal informasi IISMA minim di UNJ dan sendi termasuk mahasiswa yang tidak tahu menahu terkait IISMA, hingga pada bulan september 2022 salah satu teman kelas yaitu, Tia Rizka Aulia dan Natasya Angelica, pendaftar beasiswa IISMA 2023 mengajak sendi untuk mendaftar. Mendengar  kesempatan untuk berkuliah keluar negeri tanpa berfikir Panjang sendi menjawab «iya» pada ajakan tersebut.

Pendaftaran IISMA 2023 dibuka pada bulan februari sehingga sendi memiliki persiapan dari September hingga desember. Persiapan dimulai dengan sendi melakukan Research dari tujuan host uni sampai menghubungi alumni awardee tahun sebelumnya. Setelah mencari informasi terkait host uni, sendi mulai persiapan tes bahasa inggris yaitu TOEFL IBT, beruntungnya, sendi sebelumnya pernah mengikuti tes TOEIC sehingga memiliki gambaran tes tersebut. Walaupun demikian, sendi  tetap mengambil kelas les untuk mempersiapkan diri untuk mendapatkan nilai yang memuaskan. Bersamaan dengan tes bahasa inggris sendi juga mempersiapkan essay yang dibutuhkan sebagai syarat beasiswa.

Essay merupakan salah satu penilaian dari IISMA terhadap calon awardees, sehingga penting bagi sendi untuk menunjukkan bahwa dirinya pantas dipilih sebagai awardee. Didalam essay ada beberapa pertanyaan yang diberikan oleh IISMA dan sendi harus menjawab dan menulis essay dalam bentuk bahasa inggris. Essay ada 4 pertanyaan salah satu pertanyaan itu terkait organisasi dan kepanitian, sendi mengisi essay terkait organisasi BEMP Busana sebagai salah satu pengurus menjalani tugasnya dikepanitiaan. Dari kepanitiaan dalam kampus, dijabarkan juga kegiatan diluar kampus seperti menjadi Volunteer Indonesia Fashion Week. Terdapat juga pertanyaan terkait kegiatan yang akan dilakukan di host uni untuk mempererat ikatan antara indonesia dengan negara tujuan, sendi diharuskan mencari informasi terkait kegiatan international di host uni tujuan dan menjabarkan secara detail dari nama, kegiatan, dan benefit yang dihasilkan.

Pada awal bulan januari, sendi mulai mencari waktu yang tepat untuk pengambilan tes TOEFL. Pengumuman tes TOEFL memakan waktu 1 bulan sehingga diperlukan perkiraan pengambilan waktu agar sesuai dengan waktu pendaftaran. Sedari menunggu pengumuman, essay yang telah diketik sendi berikan ke salah satu alunmi awardee IISMA untuk dilakukan proofread. Perbaikian essay dilakukan setelah saran dan masukkan dari hasil proofread.

Pembukaan registrasi IISMA dibuka pada bulan februari, sendi membuat akun IISMA pada web resmi IISMA dan pengisi beberapa informasi pribadi. Selain itu, di form registrasi diperlukan mengisi beberapa dokumen penting seperti surat kaprodi, dimana sendi diharuskan berkonsultan dan meminta izin dari kaprodi D4 Desain Mode, terdapat juga SPTJM KUI, surat pernyataan bebas narkoba. Waktu pengisian berkas terbatas, sehingga sendi diharuskan ke kampus secara berkala untuk keperluan berkas.

Setelah pendaftaran dan pengisian berkas, tahap selanjutnya adalah tes kebhinekaan secara online. di tes kebhinekaan, sendi diberikan beberapa pertanyaan terkait perilaku sebagai warga indonesia maupun mahasiwa. Perkiraan 1-2 minggu setelah tes kebhinekaan, pengumuman lolos ke tahap interview akan diumumkan bersama dengan jadwal wawancara. Selagi menunggu pengumuman sendi mempersiakan jawaban pertanyaan yang akan ditanyakan saat wawancara, sendi juga melatih speaking dengan temen dikarenakan wawancara yang dilakukan akan berbasis bahasa inggris dari awal hingga akhir. Pada hari wawancara sendi sedikit gugup karena ini adalah tahap terakhir pendaftaran IISMA, tetapi sendi percaya telah menyiapkan semua dengan matang dan semua itu terbukti dengan lancarnya wawancara yang diikuti oleh sendi tanpa hambatan atau pertanyaan yang tidak terjawab dari pewancara.

Penungguan pengumuman kelolosan IISMA memakan waktu 1 bulan, pengumuman dilakukan pada web resmi IISMA pada tengah malam. Pada hari pengumuman sendi merasa gugup, pesimis, tetapi juga percaya diri atas usaha yang telah dituangkan. Pendaftar yang lolos menjadi awardee akan terjadi perubahan pada web yanng sebelumnya «Calon Awardee» menjadi «Awardee» dengan kata sambutan atas kelulusannya. Saat waktu menunjukkan pukul 23.00 sendi mendapatkan kabar jika pengumuman telah keluar lebih cepat, semua pendafatar berlomba-lomba membuka web untuk melihat pengumuman begitu pula dengan sendi. Sedar web memuat rasanya cukup berdebar dirasakan oleh sendi, hingga akhirnya pada web sendi menuliskan “we are glad to announce that you have been selected for the IISMA 2023 Scholarship Program at Arts University Bournemouth”  rasa gembira, suka, dan campur aduk dirasakan oleh sendi bahwa diakhirnya berhasil menjadi salah satu awardee.

Selesai pengumuman, sendi langsung memberi kabar kepada orangtua, teman, dan alunmi awardee yang telah membantu sendi. Tidak lupa sendi juga memberikan kabar kepada dosen keesokan harinya yang memberikan ucapan selamat dan di doakan lancar untuk ke depannya.

Seluruh awardee diminta untuk memasukki grup Whatsapp sesuai zonasi untuk diberikan arahan selanjutnya dan sendi yang lolos ke Arts University Bournemouth berada di zonasi United kingdom. Diawali dengan pemberian selamat dan jadwal pertemuan dengan anggota IISMA, kami selanjutnya diarahkan untuk melakukan persiapan seperti pembuatan passport, visa, dan pelatihan untuk persiapan keberangkat. Dari UNJ melakukan pelepasan seluruh awardees IISMA UNJ secara resmi pada tanggal 27 juni 2023 di Gedung Rektorat, Kampus A UNJ oleh Prof. Komarudin (Rektor UNJ). Sedari press release diketik sendi telah berangkat pada 16 september dan menjalankan perkuliahannya di kampus Arts University Bournemouth untuk belajar budaya baru dan perpektif berbeda pada dunia pendidikan.