EnglishGermanIndonesian

UNJ Fashion Year 2023 “SOUL WORLD : Unlock The Soul” Siap membuka Jendela Mode Bagi Pemuda Indonesia

Pada tanggal 3 Desember 2023, mahasiswa D4 Desain Mode dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) telah menyelenggarakan UNJ Fashion Year perdana dengan tema “Soul World : Unlock The Soul ” di Graha Nandika, Gedung Sucofindo, Jakarta Selatan.

Acara ini dibuka oleh perwakilan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yaitu ibu Tika Yulia Purwaningrum selaku Ketua Tim Pokja Fesyen Reguler Direktorat Kuliner Kriya Desain dan Fesyen. Dan di hadiri oleh :

  • Rektor (yg mewakilkan) : Prof. Dr. Efri Sandi, M.T. Selaku wakil Dekan III FT
  • Dekan FT : Dr. Uswatun Hasanah, M.Si beserta jajarannya
  • Korprodi D4 Desain Mode : Esty Nurbaity Arrsyi, S.Pd., M.KM.
  • Dosen dan Staff Desain Mode
  • Dosen dari Fakultas Teknik UNJ
  • Kepala Sekolah SMKN 30 DAN SMK 70 Jakarta
  • Desainer dan Stylist undangan
  • Orang Tua Designer

Acara ini mempertunjukkan 162 koleksi dari 54 designer, pada fashion show ini dibagi menjadi 4 subtema yaitu: Persona, Ego, Shadow dan Anima/animus. Filosofi dari tema Soul World  adalah agar masyarakat terlebihnya gen-z untuk lebih mengenal diri sendiri, tiap-tiap subtema merepresentasikan personality manusia yang berlapis-lapis dan berbeda-beda.

Persona menggambarkan sisi yang ceria, tempat dimana seorang manusia ingin dilihat, persona ialah lapisan terluar dari seorang manusia, persona digambarkan dengan warna-warna yang cerag dengan motif-motif yang beragam. Lalu ego, ego adalah tempat dimana seseorang mengambil keputusan, ego dipenuhi dengan netralitas, ego digambarkan dengan warna-warna bumi dan bahan tradisional. Shadow menggambarkan sisi terdalam seorang manusia, tempat dimana semua trauma dan pengalaman buruk tersimpan, shadow dideskripsikan dengan warna merah dan hitam. Yang terakhir adalah anima/animus, ini tempat yang dipengaruhi oleh masa kecil seseorang, tempat dimana tidak ada klasifikasi gender, kita bersifat seperti anak kecil, warna-warna yang digunakan adalah warna pastel atau muda.

Ketua Pelaksana UNJ Fashion Year 2023, Triyana Suherti, menyatakan bahwa event mode ini memiliki keistimewaan karena diprakarsai oleh mahasiswa Program Studi D4 Desain Mode UNJ untuk pertama kalinya. Nama “UNJ Fashion Year” juga merupakan kontribusi dari mahasiswa D4 Desain Mode UNJ.

Lalu apa saja tantangan dalam mengerjakan UNJ Fashion Year 2023?

“Selain menjadi panitia UNJ Fashion Year, kami juga mahasiswa yang saat ini sedang dalam tahap penyusunan proposal skripsi. Di tengah kesibukan mematangkan konsep acara, kami juga harus menyelesaikan penulisan proposal skripsi,” ucap salah satu panitia.

Membagi waktu antara tugas perkuliahan, perencanaan acara, dan kreativitas bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itu, kekompakan menjadi kunci utama bagi panitia, memastikan setiap koordinasi berjalan lancar dan konsep acara matang secara optimal.

Namun UNJ Fashion Year 2023 telah terlaksana dengan sukses dan membuka jalan bagi para pemuda Indonesia untuk terus berkarya dan mengharumkan nama indonesia.

Picture6 Picture5 Picture3 Picture2 Picture13 Picture14 Picture12 Picture11 Picture10 Picture9 Picture8 Picture7