EnglishGermanIndonesian

Upgrading D3 Transportasi Menjadi D4 Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Dalam rangka meningkatkan link and match pendidikan vokasi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud membuat salah satu strategi inovasi dalam program Merdeka Vokasi yaitu Program Peningkatan Prodi Diploma Tiga (D3) menjadi Sarjana Terapan (Diploma Empat – D4). Melalui program ini, dengan semangat Merdeka Vokasi, Kemendikbud membuka kesempatan untuk program D3 meningkatkan Program Studinya menjadi Sarjana Terapan (D4) sehingga memberi kesempatan pada peserta didik untuk bisa mendapatkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu memberi peluang kepada mahasiswa untuk dapat menjadi supervisor produksi dan pelaksana lapangan handal yang dibutuhkan DUDI. Berdasarkan hal tersebut Program Studi D3 Transportasi mencoba melaksanakan peningkatan menjadi Program Studi D4 Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim.

Pemilihan D4 Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim didasarkan pada prestasi yang telah dicapai dari awal program studi, sumber daya yang ada, serta tingginya kebutuhan dalam pengembangan sumber daya manusia di bidang pelabuhan dan logistik maritim yang memiliki peranan sangat penting dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia baik kebutuhan primer, sekunder maupun tersier. Khususnya di Indonesia yang memiliki wilayah seluas 5.193.250 km² yang terdiri dari luas daratan sebesar 1.919.440 km² dan luas lautan sebesar 3.273.810 km² dengan jumlah penduduk 272.229.372 jiwa di era industry 4.0 yang memudahkan manusia dalam memenuhi kebutuhannya tanpa batas. Di sisi lain perkembangan revolusi industri 4.0 juga berdampak sangat terhadap beberapa aktivitas pemenuhan kebutuhan seperti pergudangan, pelayaran, maupun pelabuhan yang mulai mengaplikasikan penggunaan teknologi informasi dalam setiap elemen aktivitasnya. Selain itu kelebihan maupun kekurangan suatu kebutuhan pada sebuah negara karena adanya perbedaan sumber daya alam, perbedaan selera, perbedaan iklim, perbedaan kemajuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memperluas pasar akan produknya menuntut tingginya sumber daya manusia yang mampu menjadi tenaga kerja di bidang pelabuhan dan logistik maritim.  Berdasarkan hal tersebut, kiranya penyediaan sumber daya manusia yang kompeten dan profesional menjadi hal krusial yang harus dilakukan oleh insititusi pendidikan khususnya Universitas Negeri Jakarta.

Universitas Negeri Jakarta melalui jalur pendidikan Program Studi D4 Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim berupaya mempersiapkan lulusan yang memiliki karakteristik yang berbeda dari Program Studi yang sudah ada. Program Studi D4 Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim berfokus menyelenggarakan kegiatan pendidikan guna menghasilkan lulusan yang mampu secara aktif mengembangkan potensinya serta menghasilkan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang berguna bagi masyarakat dalam meningkatkan sektor Pelabuhan dan Logistik Maritim yang terdiri atas kompetensi pengurusan pengangkutan, pengurusan pergudangan, penanganan  kargo, penanganan konsolidasi, pengurusan kepabeanan, penanganan bongkar akun pro taiwan muat, pengurusan asuransi, serta penanganan kargo khusus maupun kargo berbahaya yang diwujudkan dalam setiap mata kuliah akun pro taiwan yang ditawarkan.

Penyusunan Dokumen Upgrading D4 Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim
Penyusunan Kurikulum D4 Manajemen Pelabuhan dan Logistik Maritim dengan pihak DU/DI
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *