Building Engineering Education

PkM Prodi Pendidikan Teknik Bangunan UNJ : Pelatihan Metodologi Penelitian untuk Penyusunan Proposal Penelitian Pendidikan Bagi Guru di Desa Pantai Sederhana, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat

Dalam rangka menjalankan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu Program Pengabdian kepada Masyarakat, Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta melaksanakan Pelatihan Metodologi Penelitian untuk Penyusunan Proposal Penelitian Pendidikan Bagi Guru di Desa Pantai Sederhana, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Tema ini dipilih berdasarkan untuk menjadi seorang guru profesional penulisan dan publikasi karya ilmiah mutlak dilakukan. Melaksanakan kegiatan penelitian dan menulis laporannya merupakan salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari profesi seorang guru. Guru senantiasa dituntut untuk berinovasi guna menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai (Ratna & Hengki, 2020). Bagi sebagian besar guru menganggap bahwa penelitian bukanlah suatu kewajiban yang perlu dilakukan. Penelitian dianggap suatu hal yang sulit (Hayati et al., 2019). Selain itu kurangnya pengetahuan tentang metodologi penelitian, teknik penulisan karya ilmiah dan penguasaan analisis data penelitian juga menjadi kendala yang dihadapi (Hasyim et al., 2017). Padahal dengan kegiatan penelitian dapat meningkatkan kompetensi profesional para guru (Sunarni, 2015).

Salah satu potensi daerah yang dapat dikembangkan oleh untuk pelatihan metodologi penelitian adalah pantai sederhana Muara Gembong. Kecamatan ini merupakan kecamatan dengan wilayah dan juga kecamatan paling ujung di Kabupaten Bekasi. Di kecamatan ini terdapat beberapa desa, salah satunya adalah desa pantai sederhana. Desa pantai sederhana memiliki beberapa sekolah, mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas maupun kejuruan. Sebagian besar guru di desa pantai sederhana belum menghasilkan karya ilmiah atau penelitian. Alasan utamanya adalah kurangnya pengetahuan akan pentingnya forum ilmiah dan pentingnya menghasilkan karya ilmiah atau penelitian.

Berangkat dari permasalahan tersebut, R. Eka Murtinugraha, M.Pd dan Shilmi Arifah, M.Pd memaparkan tentang metodologi penelitian untuk penyusunan proposal penelitian pendidikan untuk guru SMK Yayasan Pendidikan Islam Nurul Huda (YAPINUH). Salah satu cara alternatif untuk meningkatkan publikasi karya ilmiah guru yaitu dengan melakukan penelitian secara berkelompok dan mempresentasikannya dalam forum diseminasi (Masduki dan Kholid, 2017). Selain itu menurut Ardinata dkk (2016) usaha guru dalam meningkatkan kemampuan menulis karya ilmiah yaitu mengikuti pelatihan penulisan karya ilmiah yang diadakan oleh dinas pendidikan maupun lembaga perguruan tinggi, melalui kelompok MGMP guru mengadakan bimbingan penulisan karya ilmiah berupa PTK dengan tim PAK.

Sebelum memberikan materi, narasumber memberikan pre test ke peserta untuk mengukur kemampuan awal peserta tentang materi yang akan disampaikan oleh narasumber. Metode penyajian adalah ceramah, tanya jawab, diskusi dan presentasi. Dalam kesempatan tersebut para guru SMK YAPINUH yang berjumlah 31 orang. Selama narasumber memberikan materi guru menyimak dan antusias menanya perihal tata cara penulisan proposal penelitian mulai dari mencari sebuah masalah, menuliskan masalah tersebut dalam proposal hingga menentukan metodologi penelitiannya. Kegiatan pelatihan ini sangat baik sekali untuk membuka wawasan guru dan tambahan pengetahuan mengenai hal-hal yang baru terkait penulisan proposal penelitian. Selain itu, narasumber memberikan post test ke peserta sebagai bentuk untuk mengukur tingkat kemampuan peserta dalam menyimak materi yang diberikan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *