EnglishGermanIndonesian

Program Learning Outcomes (PLOs)

Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi

SIKAP
S-1Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
S-2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
S-3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
S-4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
S-5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
S-6Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
S-7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S-8Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S-9Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
S-10
S-11
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.Memahami dirinya secara utuh sebagai pendidik
KETERAMPILAN UMUM
KU-1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
KU-2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
KU-3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
KU-4Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
KU-5Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
KU-6Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
KU-7Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskankepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
KU-8Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
KU-9Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
KU-10

KU-11



KU-12


KU-13
Mampu mengakomodir kebutuhan sesuai capaian Program Studi dan mengembangkan diri serta potensi dalam Asosiasi Profesi bidang kecantikan.Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasiknnya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi objek penelitianya dan memposisikan kedalam suatu peta penlitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multi disiplin; Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri
PENGETAHUAN
P-1
P-2
P-3P-4P-5
P-6
P-7

P-8



P-9

P-10
Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan.Memahami konsep, instrumentasi, dan psikologi pendidikan.Menguasai teori belajar dan pembelajaran. Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan.Menguasai konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang kajian.Mampu memanfaatkan IPTEKS yang relevan dalam lingkup Pendidikan Tata Rias.Mampu merancang, mengelola, memfasilitasi, mengevaluasi kelayakan dan supervisi serta pembinaan berkelanjutan dalam implementasi praktis Pendidikan Tata Rias.Menguasai konsep-konsep dasar teori Pendidikan Tata Rias, dengan dukungan ilmu kesehatan,  kosmetika, matematika, IPA, manajemen, sosiologi, antropologi, seni dan desain, sebagai landasan dalam menganalisis dan penerapan layanan pendidikan bagi peserta didik di bidang tata rias.Menguasai kemampuan mendemonstrasikan pengetahuan  tata rias untuk suatu pekerjaan, proses, atau operasi  kegiatan bidang tata rias.Menguasai dasar-dasar perancangan, pengelolaan, dan evaluasi dengan menggunakan pendekatan, model, metode dan strategi pembelajaran, serta sistem evaluasi bidang tata rias.
KETERAMPILAN KHUSUS
KK-1Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
KK-2Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya;
KK-3Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
KK-4Memilih dan menerapkan pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran;
KK-5Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran.
KK-6Memperbaiki kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar.
KK-7Mengembangkan lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, dan menantang peserta didik untuk berkreasi.
KK-8Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan zaman. 
KK-9Mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas.
KK-10Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan.
KK-11Menguasai dan menerapkan kurikulum untuk Pendidikan Tata Rias jalur formal (SMK) dan jalur non formal (lembaga kursus Kecantikan Tata Rias kulit, Kecantikan Rambut, dan Rias Pengantin).
KK-12Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pada berbagai layanan Pendidikan Tata Rias.
KK-13Menunjukkan kemampuan komunikasi efektif dalam praksis Pendidikan Tata Rias.
KK-14Mampu memanfaatkan IPTEKS yang relevan dalam lingkup Pendidikan Tata Rias.
KK-15Mampu merancang, mengelola, memfasilitasi, mengevaluasi kelayakan dan supervisi serta pembinaan berkelanjutan dalam implementasi praktis Pendidikan Tata Rias.
KK-16Mengelola Lembaga Pendidikan dan Pelatihan bidang kecantikan kulit, rambut dan pengantin.
KK-17Intrukstur pada Lembaga Pendidikan dan Pelatihan bidang kecantikan Kulit, Rambut dan pengantin.
KK-18Mampu melakukan riset dan mengambil keputusan strategis dengan akuntabilitas dan tanggung jawab penuh atas semua aspek yang berada di bawah tanggung jawab bidang Tata Rias.
KK-19Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam tudor replica bidang Pendidikan Tata Rias atau praktek professional di bidang Tata Rias melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
KK-20Mampu menunjukkan kemampuan dalam memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang Tata Rias melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
KK-21Mampu mendeskripsikan dan menganalisa masalah Tata Rias, serta mengambil keputusan yang tepat untuk memilih penyelesaian masalah yang dihadapi
KK-22Mampu menunjukkan kinerja dalam praktis Pendidikan Tata Rias yang dapat dipertanggungjawabkan pada para pengguna pelayanan, pemangku kepentingan, dan masyarakat dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip dasar berpikir kritis, humanitarian, pemberdayaan dalam praktek bidang Tata Rias.
KK-23Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi suatu bentuk wirausaha di berbagai layanan jasa dan produk Tata Rias baik secara mandiri maupun kelompok.
KK-24Mampu mengaplikasikan bidang keahlian dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni pada bidang tata kecantikan kulit.
KK-25Mampu mengaplikasikan bidang keahlian dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni pada bidang tata kecantikan Rambut.
KK-26Mampu mengaplikasikan bidang keahlian dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni pada bidang Rias Pengantin.