EnglishGermanIndonesian

Pengumuman Praktisi Mengajar Gelombang I Tahun 2022 di Prodi STR TRKBG UNJ

Praktisi Mengajar adalah Program yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia agar lulusan perguruan tinggi lebih siap untuk masuk ke dunia kerja. Program ini mendorong kolaborasi aktif praktisi ahli dengan dosen juara agar tercipta pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam dan bermakna antar sivitas akademika di perguruan tinggi dan profesional di dunia kerja. Kolaborasi ini dilakukan dalam mata kuliah yang disampaikan di ruang kelas baik secara luring maupun daring. Program Praktisi Mengajar memiliki tujuan antara lain menutup kesenjangan kompetensi lulusan baru dengan kebutuhan dunia kerja, mendorong kolaborasi perguruan tinggi dan industry dan mempersiapkan SDM unggul bagi Indonesia.

Dalam program Praktisi Mengajar ini para praktisi, dosen, serta perguruan tinggi dan institusi dari para ahli, hingga mahasiswa, bisa terlibat untuk berkolaborasi. Ada 2 kategori yang sesuai dengan ketersediaan waktu para praktisi. Pertama, kategori Kolaborasi Pendek yaitu, persiapan dan penyampaian perkuliahan serta evaluasi pengajaran dengan waktu paling banyak 10 jam tatap muka. Kedua ada kategori Kolaborasi Intensif yaitu, perencanaan perkuliahan, persiapan, dan penyampaian perkuliahan, serta evaluasi pengajaran, dengan waktu paling sedikit 15 jam dan paling banyak 41 jam tatap muka/kerja.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui situs praktisimengajar.id. Pada 1 Agustus 2022, telah diumumkan peserta program Praktisi Mengajar Gelombang I Tahun 2022. Prodi STR TRKBG (Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung) mendapatkan 4 orang praktisi. Berikut adalah praktisi yang berhasil lolos seleksi.

NoNama PraktisiInstitusiPenugasanProgram StudiMata Kuliah
1Ika AviantoAvenew IndonesiaUNJTeknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan GedungK3 dan Hukum Pranata Pembangunan
2Maman SuparmanCV SadawangiUNJTeknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan GedungPraktik Acuan dan Perancah
3Deuera Wiza NovaKonsultan KonstruksiUNJTeknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan GedungStruktur Kayu
4Nadya AmaliaBRINUNJTeknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan GedungFisika Terapan

Kegiatan Program Praktisi Mengajar Gelombang I Tahun 2022 berakhir pada 18 November 2022. Diharapkan dengan bergabungnya praktisi dalam sesi perkuliahan di Prodi STR TRKBG dapat menjembatani kompetensi antara dunia industri dengan dunia akademik, meningkatkan tingkat partisipasi kerja dari calon lulusan prodi serta meningkatkan kerja sama di masa depan antara UNJ dengan perusahaan industri tersebut.