SIKAP
S-1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
S-2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. |
S-3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila. |
S-4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa. |
S-5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
S-6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
S-7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
S-8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
S-9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
S-10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
S-11 | Memahami dirinya secara utuh sebagai pendidik. |
KETERAMPILAN UMUM
KETERAMPILAN UMUM | ||
K-1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. | |
K-2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. | |
K-3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. | |
K-4 | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. | |
K-5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data. | |
K-6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya. | |
K-7 | Mampu bertanggungjawab atas reloj cartier imitacion pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskankepada pekerja yang berada di bawahtanggungjawabnya. | |
K-8 | mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri. | |
K-9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
PENGETAHUAN
P-1 | Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan. |
P-2 | Memahami konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan. |
P-3 | Menguasai teori belajar dan pembelajaran |
P-4 | Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan. |
P-5 | Menguasai konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang kajian boga. |
P-6 | Mampu menganalisis dan mengambil inisiatif terhadap permasalahan pada bidang kajian boga. |
KETERAMPILAN KHUSUS
KK-1 | Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran. |
KK-2 | Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya. |
KK-3 | Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal. |
KK-4 | Memilih dan menerapkan pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran. |
KK-5 | Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran. |
KK-6 | Memperbaiki kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar. |
KK-7 | Mengembangkan lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, dan menantang peserta didik untuk berkreasi. |
KK-8 | Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman. |
KK-9 | Mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas. |
KK-10 | Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan. |
KK-11 | Memiliki keterampilan manajerial dan komunikasi sesuai dengan etika yang berlaku. |
KK-12 | Memiliki kemampuan seni, kreativitas, dan inovasi di bidang boga. |