EnglishGermanIndonesian

Course Learning Objectives (CLOs)

SIKAP

S-1Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
S-2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
S-3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
S-4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
S-5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
S-6Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
S-7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S-8Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S-9Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
S-10Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
S-11Memahami dirinya secara utuh sebagai pendidik.

KETERAMPILAN UMUM

KETERAMPILAN UMUM
 K-1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
 K-2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
 K-3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
 K-4Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
 K-5Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
 K-6Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
 K-7Mampu bertanggungjawab atas reloj cartier imitacion pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskankepada pekerja yang berada di bawahtanggungjawabnya.
 K-8mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
 K-9Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

PENGETAHUAN

P-1Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan.
P-2Memahami konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan.
P-3Menguasai teori belajar dan pembelajaran
P-4Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan.
P-5Menguasai konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang kajian boga.
P-6Mampu menganalisis dan mengambil inisiatif terhadap permasalahan pada bidang kajian boga.

KETERAMPILAN KHUSUS

KK-1Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran.
KK-2Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya.
KK-3Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal.
KK-4Memilih dan menerapkan pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran.
KK-5Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran.
KK-6Memperbaiki kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar.
KK-7Mengembangkan lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, dan menantang peserta didik untuk berkreasi.
KK-8Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman.
KK-9Mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas.
KK-10Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan.
KK-11Memiliki keterampilan manajerial dan komunikasi sesuai dengan etika yang berlaku.
KK-12Memiliki kemampuan seni, kreativitas, dan inovasi di bidang boga.