Akreditasi merupakan salah satu bentuk sistem penjaminan mutu eksternal Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta. Dengan akreditasi dapat meningkatkan mutu dari perguruan tinggi. Akreditasi tidak hanya dilakukan oleh perguruan tinggi tetapi dilakukan oleh program studi yang ada di lingkungan perguruan tinggi. Dengan adanya akreditasi dapat menjamin standar minimal sehingga lulusan memenuhi kualifikasi untuk melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi atau memasuki pendidikan spesialisasi, atau untuk dapat menjalankan praktek profesinya. 

Ada beberapa kriteria penilaian untuk akreditasi program studi, antara lain : 

  1. Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi 
  2. Tata Pamong, Tata Kelola, Kerjasama 
  3. Mahasiswa 
  4. Sumber Daya Manusia 
  5. Keuangan, Sarana, Prasarana 
  6. Pendidikan 
  7. Penelitian 
  8. Pengabdian kepada Masyarakat 
  9. Luaran dan Capaian Tri Dharma 

Dalam workshop ini terdapat paparan dari narasumber yaitu Ibu Prof. Dr. Lutfiah Nurlela, M.Pd. dengan materi “Peranan Perguruan Tinggi dalam Pemberdayaan Desa”. Workshop ini dilakukan secara daring dan luring. Untuk pelaksanaan luring dilaksanakan di Hotel NEO Green Savana Sentul City pada tanggal 1 hingga 3 September 2021. 

Program studi yang akan melakukan akreditasi Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA) adalah : 

  1. S1 Pendidikan Tata Busana 
  2. S1 Pendidikan Tata Rias
  3. S1 Pendidikan Kesejahteraan dan Keluarga  

Dengan adanya workshop ini diharapkan ketiga prodi tersebut dapat mempertahankan dan atau menaikkan nilai dari akreditasi yang ada di Fakultas Teknik.