EnglishGermanIndonesian

Menciptakan Start-Up Bisnis Melalui Pelatihan Edupreneur

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Pembuatan Variasi Roti Manis

Dalam rangka kegiatan revitalisasi LPTK Tahun 2021, melalui program Peningkatan HOTS Literacy melalui Optimalisasi Pencapaian IKU dalam MBKM, Program Studi Pendidikan Tata Boga Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta menginisiasi dalam menciptakan start-up bisnis melalui pelatihan edupreneur pembuatan roti manis. Salah satu tujuannya adalah membentuk mahasiswa yang memiliki minat entrepreneur untuk mengembangkan usaha dengan terbimbing, serta menciptakan kemampuan yang kreatif, inovatif dan berani mengambil resiko.

Kegiatan ini dirancang dengan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa. Tim Dosen yang terdiri dari 1) Dr. Guspri Devi Artanti, S.Pd. M.Si., 2) Dr. Rina Febriana, M.Pd., 3) Dr. Cucu Cahyana, S.Pd. M.Sc., 4) Annis Kandriasari, M.Pd., dan 5) Yeni Yulianti, M.Pd, serta tim mahasiswa selaku instruktur pelatihan yaitu  mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga : 1) Anisah Aulia Yudhawarman, 2) Alif Putri Diajengsari, 3) Ghea Prasita Intan Muda, 4) Sania Danes Savika, dan Mahasiswa S2 PTK  Konsentrasi Tata Boga dan Hospitality : 1) Trean Khautsar Maharputrananda.

Pada kegiatan ini dikembangkan paket model pelatihan pembuatan variasi roti manis, sebagai upaya menciptakan start-up bisnis dibidang boga (kuliner). yang terdiri dari: 1) Video Pembuatan Variasi Roti Manis; 2) Flip Book Pembuatan Variasi Roti Manis dan 3) Aplikasi perhitungan harga jual Bread Pro. Uji coba implementasi model pelatihan dilaksanakan dengan melibatkan masyarakat di wilayah Kelurahan Rawamangun dengan bimbingan tenaga ahli dari pihak industri  yaitu Bapak Zaenal Arifin, S.Pd sebagai Baker dari PT Bungasari Flour Mill.

https://youtu.be/7YGb4a3Wdsc

https://today.line.me/id/v2/article/yzJelMk

https://www.tabloidbintang.com/wisata-kuliner/resep/read/168277/menciptakan-start-up-bisnis-melalui-pelatihan-edupreneur-pembuatan-variasi-roti-manis.

Kegiatan pelatihan edupreneur pembuatan roti manis dilakukan Program Studi Pendidikan Tata Boga Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta  dalam rangka kegiatan revitalisasi LPTK Tahun 2021 melalui program Peningkatan HOTS Literacy untuk Optimalisasi Pencapaian IKU dalam MBKM. Kegiatan ini  bertujuan membentuk mahasiswa yang memiliki minat entrepreneur untuk menciptakan start-up bisnis, mengembangkan usaha dengan terbimbing, serta menciptakan replica rolex kemampuan yang kreatif, inovatif dan berani mengambil resiko.  Target yang dicapai dari kegiatan ini adalah : 1) tercipta start-up bisnis dibidang boga (kuliner); 2) dihasilkan paket pelatihan pembuatan roti manis menggunakan bantuan media video, digital flipbook dan aplikasi perhitungan harga jual berbasis android.

Untuk menghasilkan paket pelatihan dilakukan beberapa kegiatan. Kegiatan pertama yang dilakukan adalah perencanaan program kegiatan yang dilakukan dengan tahapan : 1) mengidentifikadi kebutuhan tema pelatihan sebagai upaya menciptakan start-up bisnis; 2) Penentuan paket pelatihan yang akan dikembangkan melalui diskusi dengan tenaga ahli; dan 3) melakukan koordinasi perizinan dengan kelurahan Rawamangun, untuk tahapan uji coba paket pelatihan yang dikembangkan.

Kegiatan kedua merupakan tahapan pelaksanaan program kegiatan. Pada tahap ini dilakukan : 1) penyusunan perangkat media video pelatihan pembuatan variasi roti manis, digital flipbook variasi roti manis dan aplikasi perhitungan harga jual pembuatan roti berbasis android; 2) melakukan sosialisasi program kegiatan ke masyarakat; dan 3) melakukan ujicoba model pelatihan pembuatan variasi roti manis dengan menggunakan bantuan media video, digital flip book dan aplikasi perhitungan harga jual, pada masyarakat di wilayah kelurahan Rawamangun sebagai peserta pelatihan.

Pada kegiatan ketiga dilakukan evaluasi terhadap paket pelatihan oleh panelis ahli yang berdasarkan hasil pelatihan yang telah dilakukan dan evaluasi dari peserta pelatihan terkait dengan ketercapaian tujuan paket pelatihan. Berdasarkan hasil penilaian tersebut akan diketahui kelebihan dan kekurangan dari paket pelatihan yang dikembangkan dan ditindaklanjuti dengan proses perbaikan.

Luaran dari kegiatan ini didokumentasikan dan diunggah pada kanal media sosial Fakultas Teknik–UNJ (https://youtu.be/7YGb4a3Wdsc) dan publikasi pada media massa online Tabloid Bintang yang dapat diakses melalui link  https://today.line.me/id/v2/article/yzJelMk dan https://www.tabloidbintang.com/wisata-kuliner/resep/read/168277/menciptakan-start-up-bisnis-melalui-pelatihan-edupreneur-pembuatan-variasi-roti-manis.

  1. Program yang digagas sangat baik karena berguna masyarakat, sehingga akan terlihat peran perguruan tinggi dalam pemcapaian IKU 2 (mahasiswa diluar kampus).
  2. Start up yang sudah dikembangkan diharapkan dapat digunakan oleh masyarakat/peserta pelatihan untuk membuka usaha bahkan menciptakan lapang kerja baru serta memperoleh keuntungan.
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *