EnglishGermanIndonesian

Program Bantuan Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga – FT- UNJ Menjadi Model Centre of Excellence (CoE)Merdeka Belajar Merdeka Tahun 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

PENGEMBANGAN TEACHING INDUSTRY UNTUK MENUMBUHKAN TECHNOPRENEURSHIP BIDANG BOGA DALAM RANGKA MENDUKUNG PROGRAM MBKM (SKEMA I)

Organisasi Pelaksana Program CoE MBKM Program Studi Pendidikan Tata Boga

Penanggung Jawab Kegiatan          : Dr. Guspri Devi Artati, M.Si

Ketua Pelaksana                               : Dr. Rusilanti, M.Si

Sekretaris Kegiatan                          : Dr. Rina Febriana, M.Pd

Penanggung Jawab   :

Aktivitas 1 : Penyelarasan Kurikulum MBKM dengan Kebutuhan Mitra melalui DKT : Dr. Cucu Cahyana, S.Pd, M.Sc

Aktivitas 2 : Internalisasi Pengembangan Kurikulum MBKM Berbasis Teaching Industry : Dr. Annis Kandriasari, M.Pd

Aktivitas 3 : Sosialisasi Kurikulum MBKM Berbasis Teaching Industry untuk Menumbuhkan Technopreneurship : Yeni Yulianti, M.Pd

Setelah dilaksanakannya program bantuan model center of Excellent (CoE) Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dengan kegiatan “Pengembangan Teaching Industry Untuk Menumbuhkan Technopreneurship Bidang Boga dalam Rangka Mendukung Program MBKM” diperoleh beberapa luaran dari 3 skema yaitu 1) Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan; 2) Magang/ Praktik Kerja, 3) Kewirausahaan. Dalam mencapai tujuan dan luaran kegiatan, program studi Pendidikan Tata Boga beberapa kegiatan, antara lain 1) Penyelarasan kurikulum MBKM dengan kebutuhan mitra melalui DKT (Diskusi Kelompok Terarah). Pada kegiatan tersebut menghasilkan luaran berupa a) rekapitulasi hasil penyamaan persepsi antara Program Studi Pendidikan Tata Boga, mitra dan narasumber mengenai bentuk kurikulum yang akan diterapkan dan b) Pola/ Model kegiatan MBKM sesuai dengan bidang yang diperlukan dengan rancangan berupa panduan pelaksanaan kegiatan MBKM 3 skema.

Kegiatan kedua dilakukan internalisasi pengembangan kurikulum MBKM berbasis teaching industry yang menghasilkan luaran berupa 1) Kurikulum MBKM berbasis Teaching Industry prodi Pendidikan Tata Boga dengan skema kegiatan Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan, Magang/ Praktek Kerja dan Kewirausahaan; 2) Perangkat pembelajaran (rancangan pembelajaran semester (RPS), instrumen penilaian dan evaluasi mata kuliah) yang menggunakan metode pembelajaran teambased project dan casebased method. 3) Dokumen Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan mitra pendidikan formal (SMK), pendidikan non formal, dunia industri, dunia usaha, dan UMKM di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Serta 4) Panduan pelaksanaan kegiatan Kurikulum MBKM 3 Skema yaitu Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan, Praktek Kerja/ Magang dan Kewirausahaan.

Kegiatan ketiga dilakukan sosialisasi kurikulum MBKM berbasis teaching industry untuk menumbuhkan technopreneurship dengan melakukan uji coba implementasi pada 2 skema didapatkan luaran berupa video pelaksanaan 2 (dua) bentuk kegiatan pembelajaran MBKM berbasis Teaching Industry pada skema Asistensi mengajar satuan Pendidikan dan Magang/Praktek Kerja di industri yang diunggah pada kanal media sosial Fakultas Teknik–UNJ (https://youtu.be/_siQVSSRnGM). Sosialisasi internal MBKM dilakukan pada 3 (tiga) Program Studi di lingkungan UNJ yaitu Program Studi Pendidikan Teknik Elektro, Program Studi Pendidikan Tata Busana dan Program Studi Pendidikan Teknik Mesin melalui dokumen kurikulum MBKM dan implementasi pelaksanaan kegiatan MBKM. Luaran yang dihasilkan berupa video hasil sosialisasi yang diunggah pada kanal media sosial milik Fakultas Teknik – UNJ (https://youtu.be/l5zeencN5d8 ).

  1. Implementasi program bantuan model center of Excellent (CoE) Merdeka Belajar-Kampus Merdeka agar dapat mencapai sasaran yang tepat diperlukan kesiapan unit terkait yang dapat membantu kegiatan untuk dapat dilaksanakan oleh mahasiswa karena kegiatan ini merubah sistem yang selama ini berjalan.
  2. Memberikan kebijakan terkait Penerapan model center of Excellent (CoE) Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dengan LPTK lainnya sehingga memudahkan akses Kerjasama dalam pelaksanaan kegiatan
  3. Memberikan kebijakan dengan pihak industri agar tercipta link and match antara perguruan tinggi dengan industri. Memperluas jaringan kerjasama dalam hal penerimaan Mahasiswa Magang/Praktik Kerja Lapangan (PKL) dengan beberapa instansi baik pemerintah maupun swasta terkait bidang studi sehingga mahasiswa mendapatkan kemudahan dalam mencari tempat PKL.
  4. Terkait dengan sekama asistensi mengajar perlunya sosialisasi dengan pihak sekolah untuk pelaksanaan kegiatan.

Kegiatan 1 : Diskusi Kelompok Terarah (DKT/FGD) : Penyelarasan Kurikulum MBKM dengan Kebutuhan Mitra

No Nama Narasumber Asal Instansi Keahlian
1 Executive Chef Sugi Yanto Industri (Hotel Kristal) Asian Cuisine
2 Executive Chef Woro Prabandari Industri (Hotel Grand Hyatt Jakarta) Pastry
3 Bapak Zaenal Arifin, S.Pd Industri (PT Bunga Sari Flour Mill) Bakery
4 Ibu Yeni Ismayani, S.Pd Industri (CV. PH Food Stylist) Food Stylist
5 Ibu Augusta Ophier, S.Pd Wakasek Bidang Kurikulum SMK Jaya Wisata 2 Pendidikan Tata Boga

Kegiatan 2 : Diskusi Kelompok Terarah (DKT/FGD) :  Pengembangan Kurikulum MBKM Berbasis Teaching Industry

No Nama Narasumber Asal Instansi Jabatan
1 Muhammad Arfin M. Salim, S.PD., M.Pd, P.hD Akademi Pariwisata Makasar WD 1
2 Indriyani Handyastuti, SI.Kom., M.Sc. Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung PUSLITABMAS – STP Bandung

Kegiatan 3 : Workshop “Penyusunan Perangkat Pembelajaran dan Kurikulum MBKM Berbasis Teaching Industry Kegiatan Program Bantuan Program Studi Menjadi Model Center of Excellence (CoE) MBKM Program Studi Pendidikan Tata Biga, FT UNJ”

No Nama Peserta Asal Instansi Keahlian
1 Santoni Jaja Kurnia, A.Md. Par., S.E., M.Pd. Industri (PT Saf Indonusa) Baking School
Kegiatan 4 : Workshop “Penyusunan Prosedur Operasional dan Pedoman Implemantasi Kurikulum Dalam Rangka Rangka Program Bantuan Program Studi Menjadi Model Center of Excellence (COE) MBKM Program Studi Pendidikan Tata Boga”
No Nama Peserta Asal Instansi Keahlian
1 Muh. Ibnu Sina Dosen Politeknik Jakarta International Hotel School & AKPINDO, Instruktur LKP Citramas, Tim verifikator program PKW-Dirjen Vokasi Kemendikbud Pastry & Bakery

Video Implementasi Kegiatan Pelaksanaan MBKM Program bantuan model center of Excellent (CoE) Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dengan kegiatan “Pengembangan Teaching Industry Untuk Menumbuhkan Technopreneurship Bidang Boga dalam Rangka Mendukung Program MBKM”

https://www.youtube.com/watch?v=_siQVSSRnGM

Sosialisasi Hasil Pelaksanaan Hibah Program Bantuan Program Studi Pendidikan Tata Boga Menjadi Model Centre of Excellence (CoE) Merdeka Belajar-Kampus Merdeka

https://youtu.be/l5zeencN5d8
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *