EnglishGermanIndonesian

PELAKSANAAN PROGRAM KOMPETISI KAMPUS MERDEKA(PK-KM) PRODI PENDIDIKAN TATA BOGA FAKULTAS TEKNIK-UNJ TAHUN 2022

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Program Studi Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta memperoleh kesempatan bersaing secara nasional dengan perguruan tinggi lain dalam PROGRAM KOMPETISI-KAMPUS MERDEKA (PK-KM) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun Anggaran 2022. Melalui hibah ini, program studi memberikan dampak yang besar dalam pengembangan program studi, karena peningkatan kualitas dan proses pembelajaran program studi Pendidikan Boga perlu secara kreatif mengembangkan konsep-konsep pendidikan baru yang lebih komprehensif sekaligus kompetitif. Kegiatan praktik yang dilakukan selama ini di Program Studi Pendidikan Tata Boga dilakukan dalam bentuk kegiatan praktikum di laboratorium, dimana kegiatan praktikum tersebut hanya sebatas pemenuhan tugas mata kuliah dan tidak berkelanjutan. Melalui kegiatan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka dikembangkan dengan mengarahkan pada model pembelajaran praktik berbasis kebutuhan pangan masa depan, agar mahasiswa dapat menjadi guru/pendidik bidang boga yang inovatif, kreatif dan lebih profesional dan sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi.

Implementasi program model pembelajaran praktik berbasis kebutuhan pangan masa depan perlu didukung ketersediaan penyelarasan literasi kebutuhan bahan pangan masa depan dan laboratorium, kegiatan tersebut bersinergi dalam pembangunan keunggulan pembelajaran praktik program studi Pendidikan Tata Boga menjadi prodi yang menghasilkan guru/pendidikan yang inovatif, kreatif dan profesional serta berorientasi pada pengelolaan ketersedian bahan pangan lokal. Partisipasi mahasiswa dalam kegiatan tersebut juga mendukung program MBKM dan perluasan mutu kerjasama mitra serta income generating bagi perguruan tinggi. Program pusat unggulan pembelajaran praktik berbasis kebutuhan bahan pangan masa depan yang akan dikembangkan diharapkan dapat meningkatkan capaian Indikator Kinerja Utama Program Studi dan mencapai internasionalisasi melalui kegiatan implementasi MBKM skala internasional.

Program studi Pendidikan Tata Boga melaksanakan 2 Aktvitas utama antara lain :

Aktivitas 1 : Pengembangan model pembelajaran praktik berbasis kebutuhan pangan masa depan

Melalui aktivitas ini program studi Pendidikan Tata Boga merancang model pembelajaran praktik untuk menghasilkan produk berbasis pangan lokal sebaik mungkin serta inovasi di bidang pangan masa depan. Harapan besar apa yang telah dibentuk dapat diimplementasikan dalam dunia pendidikan khususnya vokasi/kejuruan Tata Boga, kehidupan sehari-hari dan berguna bagi bangsa dan negara kedepannya. Pembelajaran praktik Pendidikan Tata Boga selama ini masih dalam lingkup pengolahan pangan yang tersedia dan umumnya dikonsumsi masyarakat, dalam rangka pengembangan produk pangan yang lokal yang mengglobal dan inovatif, program studi turut mendukung ide dan kontribusi bagi dunia pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Pembaharuan yang dilakukan pada model pembelajaran praktik berbasis bahan pangan masa depan. Berbagai bahan pangan lokal yang belum teroptimalisasikan dalam bentuk produk makanan seperti sorgum, umbi porang, umbi bunga dahlia, umbi talas beneng, singkong, daun kersen, jamur, ulat sagu, ikan kedukang, teripang dan ubur-ubur dan lainnya padahal jika ditelusuri karakteristik dan kandungan gizi dapat dikonsumsi dan bernilai jual tinggi.

Pelaksanaan kegiatan Aktivitas 1 : Pengembangan model pembelajaran praktik berbasis kebutuhan pangan masa depan dilaksanakan pada rentangan bulan Oktober s.d Desember 2022 yang dilaksanakan dengan dua metode daring dan luring. Pelaksanaan Daring dilakukan dengan menggunakan platform Zoom seperti sub aktivitas FGD (Focus Group Discussion) dengan pakar pangan untuk mengidentifikasi jenis pangan lokal masa depan di Indonesia dan sub kegiatan Penyelarasan hasil pengembangan model pembelajaran berbasis kebutuhan pangan masa depan pada matakuliah praktik hari ke-1. Pelaksanaan Luring bertempat di Universitas Negeri Jakarta. Pihak/ sumberdaya yang terlibat atau digunakan selama pelaksanaan pada Aktvitas 1 antara lain narasumber, pakar /ahli terkait bidang pangan masa depan, PT. Saf Indonusa, Asosiasi Forum Program Studi Pendidikan Tata Boga Indonesia /FPSPTBI dan Dosen UPI, pihak Dekanan Fakultas Teknik, Dosen Universiti Teknologi MARA Malaysia, Dosen di Rumpun IKK, Tenaga Kependidikan, dan Mahasiswa.

Berikut beberapa kegiatan yang terdokumentasi pada Aktivitas 1 : Pengembangan model pembelajaran praktik berbasis kebutuhan pangan masa depan

Dampak Aktvitas 1 terhadap peningkatan kualitas kegiatan tridharma adalah praktik baik pelaksanaan sub aktivitas dihasilkan satu model pembelajaran praktik berbasis kebutuhan pangan masa depan yang dapat diterapkan pada proses Pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang ke depannya dapat dijadikan benchmark pelaksanaan pembelajaran praktik untuk program studi lain bahkan perguruan tinggi lain. Selain itu 20 dosen program studi di rumpun Ilmu memperoleh Sertifikat dari Workshop Penyusunan Instrumen Evaluasi Pembelajaran Partisipasif dan Kolaboratif Berbasis Project dan Case Study dan sertifikat pelatihan desain pembelajaran praktik di Perguruan Tinggi. Output dan Outcome yang dihasilkan dari kegiatan tersebut dapat digunakan dalam implementasi Tridharma yang mendukung model pembelajaran praktik berbasis kebutuhan pangan masa depan. Peningkatan kualitas program studi dapat dilihat dari capaian IKU 1 dan IKU 7.

Aktivitas2 : Internasionalisasi program studi Pendidikan Tata Boga Melalui Kegiatan MBKM

Mewujudkan Visi UNJ menjadi PT yang reputasi di kawasan Asia. Program studi yang ada di universitas Negeri Jakarta belum ada yang terakreditasi international. Perlu ada upaya untuk melakukan tahapan internasionalisasi terhadap kegiatan di program studi Pendidikan Tata Boga. Secara bertahap perlu dilakukan persiapan untuk akreditasi pada lembaga akreditasi internasional. Langkah awal perlu dilakukan penyusunan kurikulum yang berdasarkan OBE, KKNI dan Kampus Merdeka Merdeka Belajar. Pelaksanaan kegiatan Aktivitas 2 : Pengembangan model pembelajaran praktik berbasis kebutuhan pangan masa depan dilaksanakan pada rentangan bulan Oktober s.d Desember 2022 yang dilaksanakan dengan dua metode daring dan luring. Pelaksanaan Daring dilakukan dengan menggunakan platform Zoom seperti Pelatihan Pengelolaan Higiene Sanitasi Makanan. Pelaksanaan Luring bertempat di Universitas Negeri Jakarta, temoat industry, lokasi perlombaan. Pihak/ sumberdaya yang terlibat atau digunakan selama pelaksanaan pada Aktvitas 2 antara lain narasumber, Lembaga pelatihan EC Consulting, Lembaga Sertifikasi LSP Jaminan Mutu dan Keamanan Pangan (LSP JMKP), Lembaga Kursus dan Pelatihan Wijaya Sari, Lembaga Sertifikasi Profesi IKI, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), LPK Generasi Indonesia Mandiri, Lembaga Sertifikasi Profesi Manajemen Kewirausahaan Prima Indonesia, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), LKP Baking World, PT. Aerofood ACS, PT. Golden Grand Mills, Asosiasi Forum Program Studi Pendidikan Tata Boga Indonesia /FPSPTBI dan Dosen UPI, pihak Dekanan Fakultas Teknik, Dosen Universiti Teknologi MARA Malaysia, Dosen Universiti Sabah Malaysia, Dosen di Rumpun IKK, Tenaga Kependidikan, dan Mahasiswa.

Berikut beberapa kegiatan yang terdokumentasi pada Aktivitas 2 :Internasionalisasi program studi Pendidikan Tata Boga Melalui Kegiatan MBKM

Dampak Aktvitas 2 terhadap peningkatan kualitas kegiatan tridharma adalah praktik baik pelaksanaan sub aktivitas dihasilkan peningkatan kualitas Tridharma PT dari dosen dan tenaga pendidik melalui upgrade kepakaran dengan pelatihan dan uji kompetensi sesuai bidang, sehingga menunjang kualitas riset, kemitraan dengan industri dalam pengembangan laboratorium sebagai langkah menuju akreditasi internasional, sehingga program studi Pendidikan Tata Boga dapat berkompetisi secara nasional maupun internasional. Upgrade akun pro china kepakaran akan berdampak pada kualitas pengguna yaitu mahasiswa melalui proses pembelajaran dan prestasi mahasiswa. Pada aktivitas ini juga mahasiswa mendapat akun pro cambodia pengalaman baru seperti pembelajaran di industri penyiapan makanan dalam skala besar, memperoleh wawasan terbaru terhadap pekuang dan tantangan teknologi serta pangan masa depan dari dosen Universiti Teknologi MARA dan Universiti Sabah Malaysia, selain itu mahasiswa juga mendapat pengalaman langsung praktik dan coaching dalam persiapan lomba bidang boga dari praktisi sehingga dalam hal ini berdampak pada praktik baik 12 mahasiswa memperoleh prestasi berskala internasional. Peningkatan akun pro filipina kualitas program studi melalui pencapai IKU PT yakni IKU 2, IKU 4, IKU 5, IKU 6.

Seluruh pelaksanaan hibah PK-KM tahun 2022 oleh Program Studi Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta dirangkum dalam video kegiatan berikut ini.

https://www.youtube.com/watch?v=PtZku_kjxlU

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *