EnglishGermanIndonesian

PAMERAN DEKORASI KUE

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

PENDIDIKAN TATA BOGA ANGKATAN 2021

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Gambar 1. Foto Bersama Dosen dan Mahasiswa Pendidikan Tata Boga Angkatan 2021

Sebagai insan pendidikan tinggi yang aktif berkontribusi untuk menunjukkan hasil karya bidang kebogaan, pameran dekorasi kue merupakan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa sebagai bentuk tugas akhir mata kuliah. Tentunya manfaat kegiatan ini juga dapat meningkatkan kreativitas, kolaborasi, komunikasi dan ketrampilan mendekorasi kue yang telah dipelajari selama 1 semester. Mahasiswa pendidikan tata boga angkatan 2021 dan dosen pengampu mata kuliah melakukan berbagai upaya untuk mendukung hal tersebut yang salah satunya adalah dengan mengadakan kegiatan pameran dekorasi kue. Kegiatan tersebut diadakan dengan bertujuan agar meningkatkan pengetahuan, menunjukkan hasil karya serta mendorong mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam menciptakan kue dengan dekorasi yang unik dan menarik serta menyediakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikan teori yang telah dipelajari selama perkuliahan dekorasi kue. Pameran Dekorasi Kue diadakan dalam 2 hari, 1 hari untuk oersiapan dan 1 hari untuk acara.

Gambar 2. Pembukaan dan Sambutan Acara Pameran Dekorasi Kue

Pada tanggal 01 Desember 2023, alhamdulillah telah terlaksana Pameran Dekorasi Kue bertajuk Colourful Life. Acara ini dihadiri oleh wakil dekan 1 Fakultas Teknik UNJ, kepala prodi pendidikan tata boga serta dosen, karyawan dan pengunjung tamu undangan. Kegiatan ini diawali dengan sambutan sekaligus pembukaan dari Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, yakni Dr. Imam Basori, ST., MT. Yang menyampaikan bahwa “Kegiatan Pameran Dekorasi Kue ini bertujuan untuk menunjukkan hasil karya serta mendorong mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam menciptakan kue dengan dekorasi yang unik dan menarik serta menyediakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikan teori yang telah dipelajari selama perkuliahan dekorasi kue.” Kemudian dilanjutkan oleh sambutan kedua, yakni Dr. Nur Riska, S.Pd., M.Si yang mengingatkan bahwa “dengan dilakukannya pameran dan pengetahuan yang didapatkan selama perkuliahan dapat membawa para mahasiswa di bidang industri boga dan dapat membuka lapangan pekerjaan”. Kemudian sambutan ketiga oleh dosen pengampu mata kuliah dekorasi kue yaitu Dra. I Gusti Ayu Ngurah Singamurni, MM. Serta sambutan dari ketua pelaksana kegiatan pameran dekorasi kue oleh Muhammad Haikal Wikantiyoso.  

Gambar 3. Pelaksanaan Mendekorasi Kue

Seluruh mahasiswa pendidikan tata boga angaktan 2021 mendekorasi kue sesuai pembagian yang telah ditentukan. Kegiatan menghias kue dilakukan di lorong belakang aula bung hatta gedung pascasarjana yang telah disetting sebagaimana demikian.

Gambar 4. Penilaian Hasil Karya Mahasiswa

Setelah seluruh mahasiswa/i selesai menghias kue, kemudian kue tersebut didisplay di ruang acara dengan menaruhnya diatas meja putar yang dilapisi dengan kain putih. Dan para mahasiswa berdiri dibelakang kue masing-masing sambil menunggu hasil karyanya dinilai oleh dosen pengampu.

       Gambar 5. Kedatangan Pengunjung di Kegiatan Pameran Dekorasi Kue

Para pengunjung yang mendatangi acara pameran melakukan registrasi atau mengisi daftar kehadiran yang telah disediakan kemudian setiap pengunjung diberikan 1 cupcake yang telah dihias. Lalu pengunjung dapat melihat-lihat hasil karya dan bermain games. Permainan yang dilakukan yaitu lomba menghias cupcake dengan dihiasi bunga mawar menggunakan spuit dan papping bag yang diisi oleh buttercream.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *