EnglishGermanIndonesian

Assesments

ASSESSMENT/PENILAIAN PADA PERKULIAHAN

DI PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN SENI KULINER

DAN PENGELOLAAN JASA MAKANAN.

 

1.    Komponen dan bobot penilaian dalam persentase disesuaikan dengan masing-masing Mata Kuliah, terdiri dari:

a.    Sikap

b.    Keterampilan umum

c.     Keterampilan khusus

d.    Pengetahuan

 

2.    Strategi penilaian:

a.    Tes : kuis, Project Based Learning/ Hasil Proyek, Cased Based Learning/ Aktivitas Partisipatif, UTS, dan UAS

b.    Non-tes (presentasi, produk perangkat pembelajaran, tugas resume perkulahan)

 

3.    Instrumen:

a.    Tes pilihan ganda dan atau esai (kuis, UTS, dan UAS)

b.    Naskah soal ujian tengah dan akhir semester,

c.     Skala penilaian/rubrik untuk menilai tugas proyek, tugas kelompok dan tugas akhir resume mata kuliah.

d.    Pengamatan perilaku selama mengikuti perkuliahan

 

4.       Kriteria penilaian/kelulusan

Mahasiswa dikategorikan lulus mata kuliah ini apabila memiliki nilai akhir minimal C berdasarkan rentang penilaian berikut ini:

 

Tingkat Penguasaan (%)

Huruf

Angka

Keterangan

86 – 100

A

4,0

Lulus

81 – 85

A-

3,7

Lulus

76 – 80

B+

3,3

Lulus

71 – 75

B

3,0

Lulus

66 – 70

B-

2,7

Lulus

61 – 65

C+

2,3

Lulus

56 – 60

C

2,0

Lulus

51 – 55

C-

1,7

Belum Lulus

46 – 50

D

1,0

Belum Lulus

0 – 45

E

0,0

Belum Lulus

 

 

 

 

Kisi-kisi dan Instrumen Penilaian

 

Lembar Penilaian Presentasi :

Text Box: NILAI 


Nama Anggota Kelompok: ________________________________________________________________________

Judul: ________________________________________________________________________________

Presentase tgl : __________________________________________

NO

ASPEK

S

N

CATATAN

I

Tayangan Paparan

(1)

 

 

 

1. Kesiapan

0.2

 

 

 

2. Sistematika

0.2

 

 

 

3. Memuat konsep2 penting dari Materi

0.6

 

 

II

Penyajian

(5)

 

 

 

1. Mengemukakan inti isi Pokok Bahasan dengan jelas

2

 

 

 

2.Kajian/ Improvisasi

2

 

 

 

3. Menggunakan alat bantu

0.5

 

 

 

4. Memberikan tanggapan atas isi Bab

0.5

 

 

III

Diskusi

(3)

 

 

 

1. Memotivasi peserta

0,5

 

 

 

2. Tanggapan atas pertanyaan atau komentar

1.5

 

 

 

3. Konsistensi materi diskusi dengan pokok bahasan

1

 

 

IV

Kerjasama Kelompok

(1)

 

 

 

1. Kehadiran

0.3

 

 

 

2. Penyajian

0.3

 

 

 

3. Tanggapan

0.4

 

 

 

Jumlah

(10)

 

 

 

Nama Penilai: _________________________________________________________________

 

 

 

 

 

 

 


 

PENILAIAN PROYEK

No

Aspek

Skor

1

2

3

4

5

1

Perencanaan :

a.      Persiapan

b.      Kisi-Kisi instrumen

2

Pelaksanaan

a.       Sistematika penulisan

b.      Keakuratan sumber data/informasi

c.       Kuantitas sumber data

d.      Analisis data

e.      Penarikan kesimpulan

3

Laporan proyek

a.       Performan

b.      Presentasi dan penguasaan

Total skor

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rubrik Penyelesaian Proyek

Komponen yang dinilai

Kriteria

Skor

Topik

Sesuai materi pembelajaran, orisinal, konstektual

5

Sesuai materi pembelajaran, orisinal, tidak konstektual

4

Sesuai materi pembelajaran, tidak orisinal, konstektual

3

Sesuai materi pembelajaran, tidak orisinal, tidak konstektual

2

Tidak sesuai materi pembelajaran, tidak orisinal, tidak konstektual

1

Diagram Proyek

Mencerminkan hubungan, ada peluang penemuan

5

Mencerminkan hubungan, tidak ada peluang penemuan

4

Kurang mencerminkan hubungan, ada peluang penemuan

3

Kurang mencerminkan hubungan, ada peluang penemuan

2

Tidak membuat diagram

1

Tahapan proses Proyek

Lengkap, sistematis, metodologis

5

Lengkap, kurang sistematis, metodologis

4

Lengkap, sistematis, kurang metodologis

3

Lengkap, kurang sistematis, kurang metodologis

2

Kurang lengkap, kurang sistematis, kurang metodologis

1

Monitoring

Sesuai tahapan proyek, jadwal jelas, ada lembar kemajuan

5

Sesuai tahapan proyek, jadwal jelas, tidak ada lembar kemajuan

4

Sesuai tahapan proyek, jadwal tidak jelas, ada lembar kemajuan

3

Sesuai tahapan proyek, jadwal tidak jelas, tidak ada lembar kemajuan

2

Tidak sesuai tahapan proyek

1

.

Skor Penilaian Proyek

Skor

Keterangan

1-7 (60-75)

Kurang baik

8-14 (77-85)

Baik

15-20 (86-100)

Sangat baik

 

Tabel Hasil Pengolahan Nilai Proyek

Nama kel

Skor Aspek

Total

Rata-rata

Keterangan

Perencanaan

Pelaksanaan

Laporan. proyek

Kelompok 1

 

 

 

 

 

 

Kelompok 2

 

 

 

 

 

 

Kelompok 3

 

 

 

 

 

 

Kelompok 4

 

 

 

 

 

 

Kelompok 5

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN RESUME PERKULIAHAN

 

Nama mahasiswa :

 

No

Aspek yang dinilai

NILAI

4

3

2

1

0

1

Kesesuaian isi resume dengan materi perkuliahan

 

 

 

 

 

2

Kejelasan Isi dengan isi materi

 

 

 

 

 

3

Kerunutan penyampaian

 

 

 

 

 

4

Pilihan Kata dan susunan kalimat

 

 

 

 

 

5

Pemakaian ejaan, tanda baca dan tata bahasa

 

 

 

 

 

 

Nilai Maksimum = 20

Konversi nilai dalam angka = jumlah perolehan nilai X 100

Nilai Maksimum

 

 

NO

Aspek penilaian

Rincian Penilaian

4

3

2

1

0

1

Kesesuaian isi resume dengan materi perkuliahan

Kelengkapan pokok pikiran sangat sesuai dengan materi perkuliahan

Kelengkapan pokok pikiran sesuai dengan materi perkuliahan

Kelengkapan pokok pikiran cukup sesuai dengan materi perkuliahan

Kelengkapan pokok pikiran tidak sesuai dengan materi perkuliahan

Tidak mengerjakan tugas resume

2

Kejelasan Isi dengan isi materi

Isi resume sangat sesuai dengan isi materi buku

Isi resume sesuai dengan isi materi buku

Isi resume cukup sesuai dengan isi materi buku

Isi resume sangat tidak sesuai dengan isi materi buku

Tidak mengerjakan tugas resume

3

Kerunutan penyampaian

Kerunutan penyampaian sangat sesuai dengan materi yang dibahas

Kerunutan penyampaian sesuai dengan materi yang dibahas

Kerunutan penyampaian cukup sesuai dengan materi yang dibahas

Kerunutan penyampaian tidak sesuai dengan materi yang dibahas

Tidak mengerjakan tugas resume

4

Pilihan Kata dan susuna kalimat

Pilihan kata dan susunan kalimat sangat sesuai kaidah penulisan

Pilihan kata susunan kalimat sesuai kaidah penulisan

Pilihan kata susunan kalimat cukup sesuai kaidah penulisan

Pilihan kata susunan kalimat tidak sesuai kaidah penulisan

Tidak mengerjakan tugas resume

5

Pemakaian ejaan, tanda baca dan tata bahasa

Pemakaian ejaan, tanda baca dan tata bahasa sangat sesuai kaidah penulisan

Pemakaian ejaan, tanda baca dan tata bahasa sesuai kaidah penulisan

Pemakaian ejaan, tanda baca dan tata bahasa cukup sesuai kaidah penulisan

Pemakaian ejaan, tanda baca dan tata bahasa tidak sesuai kaidah penulisan

Tidak mengerjakan tugas resume

 


 

LEMBAR PENILAIAN SIKAP

 

a.     Teknik                               :  Non tes (pengamatan)

b.      Bentuk Instrumen              : lembar pengamatan
c.
       Pedoman penskoran       :

 

No

Aspek yang dinilai

Skor

Total

Rerata

1

2

3

4

 

1

Jujur

2

Disiplin

3

Tanggung jawab

4

Percaya diri

5

Santun

6

Kerja sama

 

Keterangan

1

:

Tidak pernah/tidak tampak

2

:

Jarang

3

:

Sering

4

:

Sangat sering/selalu

 

Skor maksimum = 24

Nilai maksimum = 100

Nilai Sikap = Skor Perolehan x 100

                      Skor  Maksimum


 

INSTRUMEN PENILAIAN PRAKTIKUM

DALAM PROSES PERKULIAHAN

 

 

Instrumen Penilaian Praktikum

Mata Kuliah :

Hari/Tanggal           :                          

Nama Mahasiswa :                               

 

No.

Aspek Penilaian

Pencapaian Kompetensi

Ya

Tidak

4

3

2

1

0

I

Persiapan Kerja

 

 

 

 

 

 

a.    Atribut Lengkap

 

 

 

 

 

 

b.    Peralatan

 

 

 

 

 

II

Pelaksanaan/Proses

 

 

 

 

 

 

a.       Pengolahan

 

 

 

 

 

III

Hasil Proyek

 

 

 

 

 

 

a.       Produk

 

 

 

 

 

IV

Laporan Proyek

 

 

 

 

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN

DALAM PROSES PERKULIAHAN PRAKTIKUM

 

No.

Aspek Penilaian

Indikator

Skor

I

Persiapan Kerja

 

 

 

a.       Atribut lengkap

 

 

 

1. Menggunakan topi

Jika 4 kriteria terpenuhi

4

 

2. Menggunakan apron

Jika 3 kriteria terpenuhi

3

 

3. Menggunakan sepatu

Jika 2 kriteria terpenuhi

2

 

4.    Menggunakan serbet

Jika 1 kriteria terpenuhi

1

 

 

Jika tidak ada kriteria terpenuhi

0

 

 

 

 

 

b.      Peralatan

 

 

 

1.   Alat persiapan lengkap

Jika 4 kriteria terpenuhi

4

 

2.   Alat pengolahan lengkap

Jika 3 kriteria terpenuhi

3

 

3.   Alat penyajian lengkap

Jika 2 kriteria terpenuhi

2

 

4.   Alat dalam keadan bersih

Jika 1 kriteria terpenuhi

1

 

 

Jika tidak ada kriteria terpenuhi

0

 

 

 

 

II

Pelaksanaan/ proses

 

 

 

a.       Pengolahan

 

 

 

1.    Melakukan tahapan pembuatan sesuai jobsheet

Jika 4 kriteria terpenuhi

4

 

2.    Melakukan teknik pembuatan sesuai jobsheet

Jika 3 kriteria terpenuhi

3

 

3.    Melakukan sanitasi hygiene saat praktikum

Jika 2 kriteria terpenuhi

2

 

4.    Menyelesaikan praktikum tepat waktu

Jika 1 kriteria terpenuhi

1

 

 

Jika tidak ada kriteria terpenuhi

0

 

 

 

 

III

Hasil

 

 

 

a.       Produk

 

 

 

1.   Tekstur sesuai jobsheet

Jika 4 kriteria terpenuhi

4

 

2.   Warna sesuai jobsheet

Jika 3 kriteria terpenuhi

3

 

3.   Aroma sesuai jobsheet

Jika 2 kriteria terpenuhi

2

 

4.   Rasa sesuai jobsheet

Jika 1 kriteria terpenuhi

1

 

 

Jika tidak ada kriteria terpenuhi

0

 

 

 

 

IV

Laporan Proyek

 

 

 

a.       Produk

 

 

 

1.    Kesesuaian sistematika

Jika 4 kriteria terpenuhi

4

 

2.    Kelengkapan data

Jika 3 kriteria terpenuhi

3

 

3.    Penarikan kesimpulan

Jika 2 kriteria terpenuhi

2

 

4.    Presentasi

Jika 1 kriteria terpenuhi

1

 

 

Jika tidak ada kriteria terpenuhi

0

 

 

 

 

 

Nilai Akhir = Skor perolehan x 100

Skor masimal