Seminar Internasional, 3rd ICTVET 2018

Fakultas Teknik Sukses Selenggarakan 3rd ICTVET 2018

Perkembangan teknologi yang begitu pesat, seperti hadirnya digital economy, big data, robotic, cloud system, dan semua aktivitas berbasis teknologi memaksa kita untuk tanggap menghadapi perubahan yang ada. FT sebagai lembaga akademik yang fokus pada pengembangan pendidikan kejuruan berusaha untuk menyesuaikan dan mengikuti tren teknologi yang saat ini berkembang. Oleh karena itu, sejak beberapa bulan lalu persiapan dilakukan oleh beberapa dosen di lingkungan FT untuk mengadakan seminar internasional sebagai salah satu upaya mewujudkan visi FT, yaitu menjadi pusat unggulan nasional di bidang pendidikan teknologi kejuruan dan keteknikan.

Sabtu, 20 Oktober 2018 bertempat di Grand Mercure Jakarta Harmoni Hotel, FT menyelenggarakan 3rd International Conference on Technical and Vocational Education and Training (ICTVET) 2018. Seminar internasional kali ini mengambil tema TVET on The Industrial Revolution 4.0. Hadir sebagai keynote speaker menteri komunikasi dan informatika, yang diwakili oleh Dr. Ir. Hedi M Idris, M.Sc (Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Balitbang SDM Kominfo). Sedangkan pembicara undangan, yaitu: Prof. Ming-Shyan Wang (Southern Taiwan University of Science and Tecnology), Assoc. Prof. Dr. Norhani Bakri (Universiti Teknologi Malaysia), dan Prof. Kohei Arai (Saga University, Japan).

Dalam sambutannya, Dekan FT, Dr. Agus Dudung, M.Pd menyampaikan bahwa ICTVET bukan sekadar forum ilmiah untuk mendiskusikan dan menyebarluaskan temuan dan penemuan penelitian di bidang pendidikan dan pelatihan teknis dan kejuruan tetapi juga merupakan upaya untuk mendorong dan meningkatkan nilai-nilai teknologi, seni dan budaya yang akan lebih memuliakan bangsa dan negara Indonesia. Adapun artikel yang telah masuk pada seminar ini sejumlah 101 artikel, dengan rincian Malaysia 4, India 1, Jerman 1, Taiwan 1, dan Indonesia 94. Secara umum, kegiatan berjalan lancar dan sukses. Peserta yang hadir kurang lebih 150 orang.