Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Otomasi

PROGRAM STUDI SARJANA TERAPAN (D4)

TEKNOLOGI REKAYASA OTOMASI

1. Visi

Menjadi Pusat unggulan teknologi rekayasa otomasi industri pada tahun 2037 di kawasan Asean.

2. Misi

  1. Mencetak lulusan yang mempunyai sertifikasi di bidang otomasi
  2. Menjadi pusat pendidikan dan pelatihan otomasi
  3. Menjalin kerjasama dengan dunia industri dan pihak lain yang relevan dalam pemberian sertifikasi bidang otomasi
  4. Meningkatkan program pendidikan dan pelatihan tingkat lanjut pada bidang otomasi
  5. Mengembangkan penelitian yang berbasis otomasi
  6. Membangun kerjasama penelitian dan pengembangan dengan

3.  Tujuan

  1. Menghasilkan Sarjana Terapan (S.Tr.) yang mandiri, bersikap positif dalam menerapkan bidang keahliannya dibidang otomasi industri, serta mampu mengembangkan profesinya sesuai dengan kebutuhan
  2. Menghasilkan tenaga profesional Sarjana Terapan (S.Tr.) yang memiliki kemampuan bernalar serta memiliki kemampuan bersaing di industri dan dunia
  3. Memberikan bekal yang cukup kepada mahasiswa untuk dapat mengembangkan kemampuannya pada tingkat yang lebih
  4. Mengembangkan kapabilitas mahasiswa dalam bidang teknologi informasi dan kemampuan bahasa Inggris yang
  5. Membangun disiplin diri, etos kerja, profesionalisme, sikap, maupun ketahanan fisik dan mental yang kuat bagi
  6. Mempersiapkan lulusan agar mempunyai sertifikasi profesi dan lisensi nasional dan atau
  7. Meningkatkan kualitas manajerial dan mengembangkan kerjasama dengan industri, pemerintah daerah, dan lembaga lain yang

4. Profil Lulusan

No Profil Lulusan Deskripsi
1 Ahli Elektronika Lulusan memiliki kemampuan dalam  menggunakan, mendiagnosa dan memperbaiki peralatan elektronika.
2 Control & Instrumentation  Engineer Lulusan memiliki kemampuan dalam melakukan perancangan, pelaksanaan / operasi, pengawasan dan penjagaan tingkat layanan dari Sistem Otomasi Industri dengan memperhatikan syarat teknis terkait keamanan sistem otomasi, keselamatan pengguna dan aspek lingkungan sehingga mampu menyelesaikan permasalahan terkait bidang sistem otomasi industri.
3 Control & Instrumentation Site Engineer Lulusan memiliki kemampuan dalam melakukan perancangan terkait tahapan dan proses pelaksanaan, perancangan tahapan dan metode pelaksanaan dan memastikan tercapainya target Sistem Otomasi Industri dengan memperhatikan syarat teknis terkait keamanan sistem otomasi, K3 dan aspek lingkungan sehingga mampu menyelesaikan permasalahan pada proses pembangunan sistem otomasi industri.
4 Control & Instrumentation General Intendant Lulusan memiliki kemampuan dalam melakukan pengawasan pada proses pelaksanaan atau operasional secara menyeluruh dan memastikan tercapainya target Sistem Otomasi Industri dengan memperhatikan syarat teknis terkait sistem otomasi, K3 dan aspek lingkungan sehingga mampu menyelesaikan permasalahan pada proses pengoperasian sistem otomasi industri.
5 Enterpreunership Lulusan diharapkan dapat menjadi

wirausahawan di bidang elektronika, otomasi industri dan ICT.

 

4. Daftar Capaian Pembelajaran Lulusan

No Capaian Pembelajaran (CP) Sumber Acuan
I. Aspek Sikap Lampiran Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional

Pendidikan Tinggi

I.1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
I.2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
I.3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
I.4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
I.5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
I.6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
I.7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
I.8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
I.9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
I.10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
II. Aspek Pengetahuan Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
II.1 Menguasai konsep, teori, dan aplikasi ilmu dasar teknik elektronika;
II.2 Menguasai konsep dasar bidang teknik elektronika secara umum dan sistem kendali serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural dalam proses pembuatan alat/produk;
II.3 Menguasai prinsip dan teknik perancangan peralatan elektronika;
II.4. Menguasai perkembangan teknologi terbaru dan terkini di bidang teknik elektronika, otomasi industri, ICT (Information and Communication Technology), dan IoT (Internet of Things).
III. Aspek Keterampilan Umum Lampiran Permendikbud Nomor 3

Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi disesuaikan dengan program studi yang diusulkan

III.1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
III.2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
III.3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
III.4 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
III.5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
III.6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
III.7 Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
III.8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
III.9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
IV. Aspek Keterampilan Khusus Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
IV.1 Memiliki kemampuan dalam menggunakan, mendiagnosa dan memperbaiki peralatan elektronika
IV.2 Memiliki kemampuan dalam merancang, memprogram dan membuat robot untuk keperluan otomasi industri.
IV.3 Memiliki kemampuan dalam memprogram, merawat dan troubleshooting peralatan berbasis mikroprosessor, mikrokontroler, PLC (Programmable Logic Controller) dan komputer dalam aplikasinya di dunia industri.
IV.4 Memiliki kemampuan dalam memprogram, merawat dan trouble shooting peralatan berbasis IoT (Internet of Things), DCS (Distributed Control System), SCADA (Supervisory Control and Data Acquistion), dan ICT (Information and Communication Technology).
IV.5 Memiliki kemampuan dalam membaca, memilih, dan menggunakan instalasi dan instrumentasi industri.
IV.6 Memiliki kemampuan dalam merancang bangun, menguji dan menganalisa perangkat otomasi industrl