Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung

Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung

A. Visi Program STudi Sarjana Terapan  TRKGB           

Visi Prodi Sarjana Terapan TRKBG yaitu: menjadi program studi yang bereputasi di Kawasan Asia pada bidang Teknik Sipil yang mampu menyediakan tenaga kerja yang memenuhi kualitas kebutuhan pasar kerja konstruksi dan mampu berwirausaha.

B. Misi Program STudi Sarjana Terapa TRKGB

Untuk mencapai tujuan visi di atas, maka prodi memiliki misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi dan perluasannya di bidang teknik sipil berbaasis teknologi digitalisasi terbaru untuk menunjang pembangunan nasional.
  2. Menghasilkan tenaga sains terapan yang berkarakter, terdidik, terampil, dan profesional, baik dalam bidang teknis maupun non-teknis, sesuai profil program studi dan memiliki jiwa technopreneurship.
  3. Mengembangkan insan akademik yang bermutu, profesional, dan bertanggung jawab serta memiliki etika akademik dalam pengembangan keilmuan Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung.
  4. Meningkatkan mutu penelitian terapan Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung pada taraf nasional dan internasional; serta melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berbasis penelitian inovatif dalam menunjang layanan kepada masyarakat luas.
  5. Menggalang kerja sama yang saling menguntungkan dengan IDUKA dan institusi lainnya di bidang konstruksi bangunan gedung, guna mendukung pencapaian Tridharma Perguruan Tinggi.

C.Tujuan Program Studi Sarjana Terapan TRKBG

Adapun tujuan dari Prodi Sarjana Terapan TRKBG terurai sebagai berikut:

  1. Menghasilkan sarjana sains terapan yang kompeten di Bidang Teknologi Rekayasa Bangunan Gedung yang mempunya jiwa sosial dan kewirausahaan serta berwawasan lingkungan.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu berperan dalam pelaksanaan dan pengawasan (construction and supervision) bangunan gedung berbasis digital.
  3. Menyelenggarakan dan mengembangkan manajemen serta sistem dan tekonlogi pembelajaran untuk pengelolaan sumber daya yang efektif dan efisien.
  4. Membangun program penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang mendorong terciptanya kreatifitas dan inovasi dalam bidang teknologi rekayasa konstruksi bangunan gedung yang berkesinambungan.
  5. Membangun kemitraan dan kerja sama dengan industrik konstruksi dalam pengembangan Tridharma Perguruan Tinggi dan lulusan program studi yang berkesinambungan.

D. Profil Lulusan Program Studi Sarjana Terapan TRKBG

            Profil lulusan prodi ini ditetapkan dan dideskripsikan pada Tabel  berikut :

Tabel Profil Lulusan Prodi SARJANA TERAPAN TRKBG

No Profil Lulusan (PL) Deskripsi Profil Lulusan
PL 1 Surveyor Konstruksi Bangunan Gedung Menjadi sarjana sains terapan yang berakarakter kuat dan mampu melakukan kegiatan survey bidang konstruksi gedung dengan memanfaatkan teknologi digital terkini yang dibutuhkan dan mengevaluasi hasil pengukuran.
PL2 Estimator Konstruksi Bangunan Gedung Menjadi sarjana sains terapan yang berkarakter kuat dan mampu melakukan perhitungan biaya, kebutuhan material, tenaga kerja, opname pekerjaan proyek, menjadwalkan, serta melaporkan kegiatan proyek antara rencana dan pelaksanaan di lapangan pada konstruksi bangunan gedung dengan penerapan teknologi digital terkini.
PL3 Pengawas Lapangan Konstruksi Bangunan Gedung Menjadi sarjana sains terapan yang berkarakter kuat dan mampu melakukan proses pengawasan dan pelaksanaan pada proyek konstruksi bangunan gedung.
PL4 Administrasi Proyek Konstruksi Bangunan Gedung Menjadi sarjana sains terapan yang berkarakter kuat dan mampun melaksanakan administrasi proyek konstruksi bangunan gedung dalam hal penyiapan dokumen tender, penawaran, hingga kontrak dan pelaporan saat proses berlangsung, serta sebagai cost control dan logistik.

 

E. Gelar Kelulusan Program Studi Sarjana Terapan TRKBG

            Gelar kelulusan dari program studi ini adalah Sarjana Terapan (S.Tr.)