Webinar Series 1 FT: Strategi Publikasi pada Jurnal Nasional dan Internasional Bereputasi

 

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta melaksanakan Webinar Series 1 dengan tema “Strategi Publikasi pada Jurnal Nasional dan Internasional Bereputasi” pada Rabu, 17 Juni 2020. Kegiatan ini dilaksanakan melalui aplikasi Zoom dan disiarkan langsung pada YouTube melalui tautan https://www.youtube.com/watch?v=lmZh8zk7hTo. Webinar pada hari ini dipandu oleh Vania Zulfa, M.Pd, dosen Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta.

Webinar Series 1 Fakultas Teknik diikuti oleh 190 peserta yang terdiri, guru, mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, widyaiswara, PNS, direktur, analis, wiraswasta, dan freelancer. Perserta berasal dari Cahaya Ilmu Cendekia Publisher, CV. Rockwell Indotama, Dinas Lingkungan Hidup Kota Sungai Penuh, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Tengah, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, LLDikti Wilayah I Sumatera Utara, PPPPTK Bisnis dan Pariwisata, Pusat Riset Kelautan, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta, PKBM, SD, SMK, dan beberapa universitas di Indonesia.

Kegiatan diawali pembacaan doa pembuka. Selanjutnya, sambutan Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, Dr. Uswatun Hasanah, M.Si. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya menjalankan tri dharma perguruan tinggi secara seimbang. Tidak hanya pada bagian pendidikan dan pengajaran saja, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat juga harus dijalankan dengan sungguh-sungguh. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan luaran yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Hasil penelitian ini akan terlihat manfaatnya jika disebarluaskan kepada masyarakat. Selain itu luaran penelitian yang dihasilkan dosen juga sebagai kewajiban dosen berupa publikasi ilmiah. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 20 tahun 2017 yang membahas mengenai kewajiban publikasi ilmiah bagi dosen.

Masuk ke kegiatan inti, materi pada webinar hari ini  disampaikan oleh Dr. Rifky Ismail, ST, MT dan Usep Suhud, M.Si., Ph.D Penyampaian materi dipandu oleh moderator, Dr. Imam Basori, ST, MT, selaku Wakil Dekan I Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Materi pertama akan disampaikan oleh Dr. Rifky Ismail, ST, MT.

Dr. Rifky Ismail, ST, MT selaku Ketua Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi CBIOM3S Universitas Diponegoro memulai pemaparannya dengan menjelaskan mengenai Pusat Unggulan Iptek CBIOM3S yang dikelolanya. Beliau menyampaikan bahwa hasil penelitian yang dilakukan di PUI CBIOM3S ditekankan pada manfaat produk yang dihasilkan. PUI CBIOM3S bekerja sama dengan beberapa dokter dari beberapa Rumah Sakit agar dapat menghasilkan alat yang dapat digunakan oleh pasien untuk membantu menjalani aktivitasnya. Pada paparannya, Dr. Rifky Ismail, ST, MT. menyampaikan bahwa Universitas Negeri Jakarta suudah memperbaiki kualitas dosen dan hasil penelitiannya pada Scopus. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan jumlah author dan paper yang terbit dari tahun 2013 sampai 2020. Hingga saat ini, sudah ada 1201 penulis dengan afiliasi UNJ yang menerbitkan artikelnya pada Scopus dengan jumlah dokumen sebanyak 1396. Angka ini masih bisa dan diharapkan dapat terus ditingkatkan.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Usep Suhud, M.Si., Ph.D selaku Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Beliau memaparkan mengenai pentingnya melakukan publikasi ilmiah, motivasi dan halangan yang ditemukan oleh dosen dalam melakukan publikasi, hingga tahapan kesiapan dosen dalam melakukan publikasi. Menurutnya, penelitian tidak hanya dilakukan oleh seorang diri, melainkan dapat berkolaborasi dengan peneliti lain, bisa dalam lingkup nasional maupun internasional. Pada bagian publikasi, peneliti bisa menyesuaikan jurnal yang akan dituju dengan kebutuhan peneliti. Dalam hal ini, ada beberapa factor yang bisa menjadi bahan pertimbangan peneliti sebelum memilih sebuah jurnal, misalnya lingkup jurnal (nasional atau internasional), akreditasi dan indeksasi jurnal, biaya penerbitan, serta waktu tunggu.

Setelah kedua pemateri selesai menyampaikan paparannya, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dipandu oleh moderator.

Bagi Bapak/Ibu yang belum berkesempatan menyaksikan pemaparan materi webinar hari ini, dapat menontonnya pada YouTube dengan tautan yang sudah dituliskan. Sampai jumpa pada webinar series selanjutnya.