Focus Group Discussion Revitalisasi Kurikulum Prodi S1 PVKB

Selasa, 14 Januari 2020 mengawali tahun baru, program studi S1 Pendidikan Vokasional Konstruksi Bangunan (PVKB) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Revitalisasi Kurikulum. Kegiatan ini bertujuan untuk menyelaraskan kurikulum program studi dengan kebutuhan SMK dan DU/DI. Tujuan utama prodi PVKB mencetak lulusannya menjadi guru SMK Bangunan namun sebagian besar alumni bekerja di bidang industri konstruksi. Oleh karena itu, narasumber yang diundang mewakili SMK Bangunan dan industri konstruksi.

Mewakili SMK Bangunan hadir Bp. Parlin Tambunan, M.Pd (Ketua LSP SMKN 6 Kota Bekasi) dan Bp. M. Prasojo Joko I, S.Pd (Guru SMKN 52 Jakarta). Sedangkan yang mewakili industri konstruksi Bp. Andhika Prastia (ARCADIS Indonesia), Bp. Kunto A Wibowo (Badan KSP GTU-TJS Proyek SIMA Office), dan Ines W Riza, M.T (PT. Acset Indonusa, Tbk).

Acara dimulai pukul 09.00 WIB bertempat di Ruang Sidang Gedung L5 lantai 2. Pada sambutannya, Ibu Dekan menyampaikan bahwa kurikulum perguruan tinggi memang perlu disesuaikan dengan kebutuhan industri. Khususnya prodi kependidikan di FT UNJ juga perlu menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang ada di SMK. Informasi dan masukan tersebut paling mudah didapatkan dari alumni yang telah berkecimpung di dunia kerja. Oleh karena itu, beliau sangat mengapresiasi alumni-alumni yang telah hadir hari ini untuk memberikan kontribusi bagi prodi tercinta.

FGD dibagi menjadi 3 sesi sesuai pembagian KBI (Kelompok Bidang Ilmu). Masing-masing dosen KBI menerima masukan dan informasi yang sangat berharga baik dari SMK maupun dari industri. Harapannya agar hubungan dan kerja sama ini terus berlanjut sehingga pembelajaran di kampus semakin berkualitas. Aamiin. (MAR)

Gambar 1. Foto Bersama Dosen Prodi S1 PVKB dengan seluruh narasumber
Gambar 2. Dekan FT UNJ, Ibu Dr. Uswatun Hasanah menyampaikan sambutan didampingi oleh Koorprodi S1 PVKB, Ibu Anisah,M.T
Gambar 3. Suasana Saat Pembukaan FGD
Gambar 4. Dosen S1 PVKB menyimak sambutan Dekan FT UNJ
Gambar 5. Bp. R. Eka Murtinugraha, M.Pd; Ibu Dr. Tuti Iriani; dan Ibu Rosmawita S, M.Pd (kiri ke kanan)
Gambar 6. Suasana Saat Berlangsungnya Diskusi