Rabu, 24 Juli 2024, sejumlah dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik membuat pojok baca di SD Negeri Pantai Mekar 03, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa di sekolah tersebut. Pembuatan pojok baca ini menjadi salah satu agenda dalam rangka melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tahun 2024.

Sebanyak sembilan tim dosen dan mahasiswa mengikuti kegiatan ini. Pojok baca dibuat di enam kelas, mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Selain itu, juga ada pemutakhiran perpustakaan mini di sekolah tersebut dengan menambah koleksi bahan bacaan dan dekorasi terbaru. Para siswa sangat antusias menyambut pojok baca di kelasnya masing-masing.

Sambil menunggu pembuatan pojok baca, siswa dan guru juga diberikan berbagai edukasi yang mendukung peningkatan kemampuan literasi. Seperti misalnya dosen dan mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga memberikan edukasi literasi keuangan yang dilakukan oleh Dr. Shinta Doriza, M.Pd., M.S.E dan tim; edukasi peduli lingkungan yang dilakukan oleh Vania Zulfa, S.Pd., M.Pd. dan tim; edukasi konsumen cerdas melalui metode mendongeng yang dilakukan oleh Hurriyyatun Kabbaro, S.Si., M.Si. dan tim; serta edukasi literasi dan numerasi melalui metode membaca nyaring yang dilakukan oleh Maya Oktaviani, S.Pd., M.Pd. dan tim. Dr. Muhammad Faesal, MH., M.Pd. dan tim mengajak siswa membuat prakarya berbasis kearifan lokal, sementara Mulyati, S.Pd., M.Si. dan tim mendekorasi perpustakaan.

Di sisi lain, dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Rias dan Program Studi Kosmetik dan Perawatan Kecantikan memberikan edukasi kepada guru-guru. Dra. Eti Herawati, M.Si. dan tim melakukan edukasi kesehatan rambut, Dra. Lilis Jubaedah, M.Kes. dan tim melakukan edukasi perawatan rambut tradisional, sedangkan Nurina Ayuningtyas, S.Pd., M.Pd. dan tim melakukan edukasi perawatan kulit wajah.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kemampuan literasi anak-anak di SD Negeri Pantai Mekar 03 ini semakin meningkat. Selain itu, semoga gerakan-gerakan serupa juga bisa dibuat di sekolah lain.

By MO