Penelitian

Perguruan tinggi memiliki peran yang sangat besar dalam pembangunan bangsa. Melalui fungsi transformasi sumberdaya manusia, IPTEK, dan sosial, perguruan tinggi menempati posisi yang strategis dalam perubahan masyarakat. Perkembangan masyarakat yang begitu pesat dalam berbagai aspek kehidupan merupakan dampak dari kebutuhan hidup, pembangunan dan globalisasi yang menuntut penyelesaian yang sistematik. Oleh karena itu, perguruan tinggi dituntut untuk aktif berperan dalam mengatasi masalah yang sedang dihadapi bangsa. Melalui perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperoleh dari hasil penelitian, perguruan tinggi diharapkan mampu memahami dan menyelesaikan masalah aktual, sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat dan pembangunan bangsa.

Sejalan dengan visi Fakultas Teknik UNJ, yaitu untuk menjadi pusat unggulan nasional di bidang pendidikan teknologi kejuruan dan keteknikan yang berwawasan kewirausahaan dengan membina dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, memajukan dan mengembangan insan akademik yang bermutu tinggi, menyelenggarakan penelitian dan pengabdian masyarakat, membina dan mengembangkan budaya kewirausahaan, serta membina dan mengembangkan kemitraan pendidikan. Hasil kajian dan evaluasi riset Fakultas Teknik melahirkan kebijakan penelitian terarah pada riset bidang Pendidikan dan Non Pendidikan yang selanjutnya dikembangkan menjadi 6 (enam) bidang unggulan penelitian, yaitu:

  1. Teknologi Pendidikan
  2. Pendidikan kejuruan (Vokasional)
  3. Sains dan teknologi
  4. Sosial humaniora, seni budaya, dan ekonomi kreatif
  5. Teknologi Pangan, kesehatan dan Gizi
  6. Lingkungan dan penanggulangan bencana

Setiap tahun dosen di Fakultas Teknik UNJ melakukan penelitian dengan menggunakan dana hibah dari fakultas dan universitas. Penelitian dilakukan melalui beberapa skema seperti data yang terlihat pada gambar 1.

Gambar 1. Jumlah Penelitian Berdasarkan Skema Penelitian

Berdasarkan jumlah tersebut, dapat dikategorikan pada beberapa bidang penelitian. Data jumlah penelitian berdasarkan bidang kajian terlihat pada Gambar 2.

Gambar 2. Jumlah Penelitian Berdasarkan Bidang Penelitian