Muara Gembong merupakan kecamatan paling ujung yang ada di Kabupaten Bekasi dan berbatasan langsung dengan Laut Jawa di utara serta Teluk Jakarta di barat. Kecamatan Muara Gembong terdiri atas enam desa, yaitu Desa Pantai Harapan Jaya, Desa Pantai Mekar, Desa Pantai Sederhana, Desa Pantai Bakti, Desa Pantai Bahagia, dan Desa Jaya Sakti.  Salah satu desa yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Kecamatan Muara Gembong adalah Desa Pantai Mekar.

Lima kelompok dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga menggelar edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat setempat. Ada lima tema yang diangkat yaitu:

  1. Pemberdayaan Aksi Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim dalam Meningkatkan Ketahanan Keluarga di Muara Gembong
  2. Optimalisasi Perkembangan Anak di masa keemasan melalui Training of Trainers Pengukuran dan Penilaian Perkembangan Anak di Desa Pantai Mekar
  3. Penerapan Taman Tanaman Herbal dalam Pekarangan Rumah untuk Menjaga Imun Tubuh Keluarga pada Masyarakat Desa Pantai Mekar
  4. Peningkatan Sadar Wisata Para Penggerak Wisata dalam Pengembangan Pariwisata di Desa Pantai Sederhana
  5. Penataan Ruang Kantor untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai di Kecamatan Muara Gembong

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada 12 Agustus 2022 di aula Kantor Kecamatan Muara Gembong, aula Kantor Desa Pantai Mekar, dan ruang Kelompok Sadar Wisata. Kegiatan dibuka oleh Kepada Desa Pantai Mekar, Pak Dahlan, dan dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi dari masing-masing kelompok.

Pemberdayaan Aksi Adaptasi dan Mitigasi Perubahan Iklim dalam Meningkatkan Ketahanan Keluarga di Muara Gembong

Dosen Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, Vania Zulfa, Prastiti Laras Nugraheni, dan Hurriyyatun Kabbaro, mendorong masyarakat di Muara Gembong untuk melakukan aksi mitigasi perubahan iklim melalui pengelolaan sampah rumah tangga untuk meningkatkan ketahanan keluarga. Kegiatan ini terdiri atas 3 kegiatan secara bertahap yaitu sosialiasi adaptasi dan mitigasi iklim, pelatihan pembuatan kompos dan mikro organisme lokal dan penanaman beberapa pohon pada pot yang terbuat dari limbah plastik yang telah didur ulang.

 

Optimalisasi Perkembangan Anak di masa keemasan melalui Training of Trainers Pengukuran dan Penilaian Perkembangan Anak di Desa Pantai Mekar

Keluarga membutuhkan pendampingan dari kader dalam mengoptimalkan perkembangan anak terutama pada masa keemasan. Sayangnya, tidak semua kader PKK mengetahui cara mengukur dan menilai capaian perkembangan anak. Padahal hasil pengukuran dan penilaian perkembangan anak menjadi dasar dalam menentukan gaya pengasuhan yang tepat. Sehingga perlu ada pelatihan bagi kader PKK mengenai pengukuran dan perkembangan anak sehingga keluarga atau orang tua dapat memberikan gaya pengasuhan yang tepat dan dapat mendukung tumbuh kembang anak yang optimal. Solusi yang dapat ditawarkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan optimalisasi perkembangan anak di masa keemasan melalui Training of Trainers pengukuran dan penilaian perkembangan anak di Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Sasaran dari kegiatan ToT yang dilakukan oleh Maya Oktaviani, Uswatun Hasanah, dan Elmanora adalah kader PKK. ToT pada Kader PKK dilakukan agar tersedianya kader PKK yang terlatih dalam melakukan pengukuran dan penilaian perkembangan anak. Kader PKK yang terlatih ini diharapkan dapat membantu keluarga dalam mengoptimalkan perkembangan anak terutama di masa keemasan (golden age). Pelaksanaan pelatihan untuk kader dinilai efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader dalam melaksanakan pengukuran perkembangan anak. Beberapa kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah membuktikan keberhasilan pelaksanaan penelitian dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader dalam melaksanakan deteksi perkembangan anak usia dini.

 

Penerapan Taman Tanaman Herbal dalam Pekarangan Rumah untuk Menjaga Imun Tubuh Keluarga pada Masyarakat Desa Pantai Mekar

Shinta Doriza dan Hamiyati mendorong masyarakat Muara Gembong untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk dijadikan taman tanaman herbal. Hal tersebut bermanfaat untuk menjaga imun tubuh dan secara berkelanjutan bisa bermanfaat untuk ketahanan pangan keluarga.

 

Peningkatan Sadar Wisata Para Penggerak Wisata dalam Pengembangan Pariwisata di Desa Pantai Sederhana

Pemaparan materi sadar wisata oleh Jaka Marsita dan Muhammad Faesal terhadap kelompok pemuda karang taruna desa Pantai Sederhana Kecamatan Muara Gembong dalam rangka pelaksanaan program P2M program studi PKK Universitas Negeri Jakarta tahun 2022.

 

Penataan Ruang Kantor untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai di Kecamatan Muara Gembong

Setiap Kecamatan mempunyai kantor. Kantor merupakan aspek penting dalam menunjang kinerja pegawai dan tatanan sebuah kantor menggambarkan bagaimana pegawai tersebut bekerja dalam kesehariannya. Untuk meningkatkan Kerja Pegawai di Kecamatan Muara Gembong, perlu diberi pelatihan yang intensif tentang “Penataan Ruang Kantor Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai di Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi Jawa Barat”. Pelatihan ini diberikan melalui Pengabdian Masyarakat Prodi PKK-FT-UNJ dengan narasumber Nurlaila Abdullah Mashabi.

By MO